Kolaborasi Pendampingan dan Pelatihan Digital Marketing Produk Usaha Mikro dan Kecil Masyarakat di Kecamatan Pelayangan
DOI:
https://doi.org/10.22437/jitdm.v6i2.41591Keywords:
Digital Marketing, Platform, Usaha KulinerAbstract
Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di bidang kuliner yang tersebar saat ini di kecamatan Palayangan. Kolaborasi Pendampingan dan Pelatihan menggunakan platform digital Marketing yang ditujukan untuk kelompok masyarakat didalam meningkatkan volume penjualan, memperluas jaringan usaha para pelaku UMK kecamatan palayangan. Target yang ingin dicapai yaitu implementasi pendampingan para pelaku UMK dengan meningkatkan kemampuan pelaku UMK dalam memasarkan produk mereka secara efektif melalui platform digital berbasis online. Dengan meningkatkan pemahaman peserta mengenai pengaplikasian platform digital, diharapkan dapat meningkatkan jumlah pesanan produk UMK masyarakat di Kecamatan Palayangan. Metode pelaksanaan pengabdian pada masyarakat yang digunakan yaitu ceramah dengan porsi sebesar 20 %, pelatihan pembuatan digital marketing dengan porsi sebesar 40 %, pendampingan kepada pelaku UMK dengan porsi sebesar 40 %. Melalui langkah-langkah yang meliputi: persiapan, pelaksanaan dan evaluasi untuk melihat peningkatan dan perkembangan para pelaku UMK sebelum dan sesudah dilakukannya pendampingan