Pelatihan Mumpreneurs Untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis Melalui Pemanfaatan Media Sosial
DOI:
https://doi.org/10.22437/jitdm.v6i2.37326Keywords:
Mumprenurs, Media Sosial, Literasi Digital, Pasar Paduka, Kinerja BisnisAbstract
Pasar Paduka di Kabupaten Muaro Jambi merupakan sebuah tempat pemasaran lokal yang menekankan prinsip ramah lingkungan, menjadi panggung bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang mayoritas dilakukan wirausaha perempuan (mumprenurs). Mumprenurs di Pasar Paduka mengalami kesulitan dalam mempromosikan produk secara digital karena kurangnya pemahaman tentang platform digital dan strategi pemasaran online. Masalah prioritas mitra adalah rendahnya pengetahuan tentang digitalisasi, kurang memahami cara mempromosikan produk melalui media sosial dan website, kurang mampu melakukan branding melalui foto produk, dan pengelolaan keuangan belum digitalisasi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melakukan pelatihan dan pembinaan bagi mumpreneur di pasar paduka dalam memahami digitalisasi untuk peningkatan kinerja bisnis. Solusi yang diberikan dalam kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan tentang dasar-dasar digitalisasi, termasuk penggunaan internet, media sosial, dan aplikasi bisnis, memberikan pelatihan praktek tentang strategi pemasaran digital, termasuk pembuatan konten menarik, pengelolaan media sosial, dan penggunaan iklan online, pelatihan dan pendampingan lokakarya fotografi produk yang praktis, dengan fokus pada pencahayaan, komposisi, dan teknik fotografi dasar, serta melakuan pembinaan kepada Mumpreneur dalam memilih dan mengimplementasikan sistem pengelolaan keuangan digital yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi/tanyajawab, demonstrasi/simulasi serta praktek langsung dalam pembuatan dan editing foto dan video serta memposting ke media sosial yang relevan bagi usaha yang dilakukan oleh Mumpreneur di pasar paduka di Desa Penyangga Candi Muaro Jambi. Luaran kegiatan ini berupa meningkatnya literasi digital terkait pemanfaatan media sosial untuk memperluas akses pemasaran online di kelompok mitra serta peningkatan manajemen usaha dengan indikator keberhasilan melalui implementasi system aplikasi keuangan dan penyajian laporan keuangan yang sesuai dengan ketentuan akuntansi.