Peningkatan Kinerja Bisnis bagi Pelaku Usaha Nanas Goreng Khas Jambi melalui Pelatihan Digital Marketing dan Financial Technology
DOI:
https://doi.org/10.22437/jitdm.v5i3.31045Keywords:
Digital Marketing, Financial TechnologyAbstract
UMKM memiliki peran penting dalam pertumbuhan perekonomian, dimana pada tahun 2021 Indonesia merupakan negara yang dengan jumlah UMKM terbesar di ASEAN, tetapi Indonesia memiliki kontribusi terhadap ekspor dibawah negara lain ASEAN, yaitu Singapura dan Thailand. Kabupaten Muaro Jambi merupakan Kabupaten dengan peningkatan jumlah unit usaha terbesar di Provinsi Jambi pada tahun 2021. Pertumbuhan UMKM yang meningkat tidak sebanding dengan kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan ekspor. Desa Tangkit Baru merupakan desa penghasil nanas yang menjadi komoditas unggulan di Provinsi Jambi. Sangat banyak produk hasil olahan dari nanas yang di produksi, salah satunya adalah produk selai nanas goreng. Mitra dalam pengabdian ini adalah Malakue di Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. Permasalahan mitra yang diprioritaskan akan diselesaikan adalah 1) aspek pemasaran, mitra belum melakukan penjualan secara online, hal ini disebabkan masih lemahnya pemahaman mitra dalam melakukan promosi dan penjualan secara online; 2) Aspek keuangan, masih lemahnya pemahaman mitra dalam mencari sumber permodalan. Metode yang digunakan dalam pencapaian tujuan tersebut adalah metode sosial memberikan pelatihan kepada mitra mengenai peningkatan kemampuan manajemen pemasaran dengan digital marketing dan manajemen keuangan dalam financial technology