Pelatihan Pengelolaan Media Sosial Dalam Meningkatkan Pemasaran Online Olahan Produk Nanas Pada Usaha Mikro Desa Tangkit Baru
DOI:
https://doi.org/10.22437/jitdm.v5i3.30646Keywords:
Media sosial, pemasaran online, Produk Olahan Nanas, Desa Tangkit BaruAbstract
Pemasaran online merupakan suatu aktivitas yang tidak dapat diabaikan di era bisnis digital bagi uusaha Mikrokecil sebagai suatu strategi untuk memperluas jaringan pemasaran mengunakan berbagai media digital/sosial. Kegiatan Pengabdian ini bertujuan membantu memecahkan problem rendahnya literasi digital dan masalah pemasaran uusaha Mikroyang masih terbatas karena masih mengandalkan pemasaran konvensional (offline). Solusi yang dilakukan adalah fasilitasi pelatihan literasi digital dan pemasaran melalui media sosial (0nline). Mitra peserta pelatihan ini adalah kelompok Usaha pengolahan nenas di Desa Tangkit Baru yaitu Kelompok Abadi Group sebanyak 10 Usaha mikro. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi/tanyajawab, demonstrasi/simulasi serta praktek langsung dalam pembuatan dan editing foto dan video serta memposting ke media sosial yang relevan bagi SAHA MIKROuntuk pemasaran online mereka. Luaran kegiatan ini berupa meningkatnya literasi digital terkait pemanfaatan media sosial untuk memperluas akses pemasaran online di kelompok mitra.