Pelatihan Digital Marketing sebagai Strategi Perluasan Pangsa Pasar Produk Souvenir di Desa Pudak Kabupaten Muaro Jambi
DOI:
https://doi.org/10.22437/jitdm.v4i1.19537Keywords:
Digital Marketing, UMKMAbstract
Perkembangan teknologi digital saat ini berkembang pesat, membuka peluang bagi para Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk dapat meningkatkan kinerja bisnisnya melalui perluasan pasar dan peningkatan penjualan, informasi yang merupakan bagian dari promosi UMKM dapat disajikan tanpa batas baik secara nasional maupun secara internasional. Mitra dalam pengabdian ini adalah Rumah Kreasi Natasa di Desa Pudak Kecamatan Kumpe Ulu Kabupaten Muaro Jambi. Permasalahan mitra yang diprioritaskan akan diselesaikan adalah 1) aspek sumber daya manusia, yaitu pemahaman mitra mengenai fungsi-fungsi manajemen masih lemah dan pengelolaan waktu kerja dalam usaha masih lemah; (2) aspek pemasaran, yaitu rendahnya pemahaman mitra mengenai konsep-konsep pemasaran, rendahnya pemahaman mitra dalam menggunakan teknologi dari kegiatan pemasaran dan strategi pemasaran dalam perluasan produk belum dilakukan. Metode yang digunakan dalam pencapaian tujuan tersebut adalah metode sosial memberikan pelatihan kepada mitra mengenai peningkatan kemampuan digital marketing dalam perluasan pangsa pasar. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu peningkatan pemahaman pada mitra dalam menjalankan usahanya sesuai dengan fungsi-fungsi manajemen, peningkatan kemampuan manajerial mitra dalam mengelola waktu, peningkatan pemahaman mitra mengenai konsep manajemen pemasaran dan peningkatan pemahaman mitra dalam mengelola media digital sebagai alat promosi produk yang bertujuan sebagai perluasan jaringan pemasaran pada produkn