Inventarisasi Dan Penilaian Aset Sekolah Dalam Rangka Mewujudkan Good School Governance
DOI:
https://doi.org/10.22437/jitdm.v2i1.16444Keywords:
Aset, Sekolah, Bantuan Operasional SekolahAbstract
Kegiatan Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan memberikan pemahaman dan keterampilan bagi pihak sekolah (kepala sekolah, operator, bagian tata usaha dan guru) terkait proses inventarisasi dan penilaian aset sekolah. Salah satu permasalahan yang ditemui oleh Dinas Pendidikan Kota Jambi dan Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Jambi dalam proses penyusunan laporan keuangan adalah nilai aset dari sekolah yang kurang akurat. Hal ini terjadi karena sumber belanja aset sekolah bukan hanya berasal dari Dinas Pendidikan saja, tetapi juga berasal dari dana bantuan operasional sekolah (BOS). Dana BOS dikelola secara mandiri oleh sekolah, sehingga seringkali belanja aset dari sumber dana ini tidak terlaporkan. Permasalahan muncul apabila terjadi pertukaran kepala sekolah karena mutasi atau pensiun, data aset belum dapat diketahui secara jelas saat serah terima kepada kepala sekolah baru dilaksanakan. Sekolah yang menjadi mitra pengabdian ini adalah SD Negeri 206 dan SD Negeri 42 Kota Jambi, karena kepala sekolah akan memasuki masa pensiun. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2019 di SD Negeri 206. Luaran dari pengabdian ini adalah peningkatan pemahaman dan keterampilan mitra, publikasi pada koran dan publikasi pada jurnal ber ISSN.