Pelatihan Pemanfaatan Platform Digital sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Bisnis bagi Pelaku Usaha Batik Jambi pada Masa Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.22437/jitdm.v2i1.16419Keywords:
Platform Digital, UMKM, CovidAbstract
Pertumbuhan perekonomian di Indonesia mengalami ancaman akibat dampak dari pedemi covid-19. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting keberadaannya di Indonesia, penanganan dalam pencegahan penyebaran virus covid-19 menghentikan aktivitas usaha khususnya pada UMKM. Aktivitas social distancing berdampak pada penjualan, dimana selama ini Batik Zhorif selalu dikunjungi wisatawan dan tamu-tamu pemerintahan, dengan adanya penerapan social distancing maka konsumen yang berkunjung mengalami penurunan bahkan tidak ada. Penjualan menggunakan platform digital merupakan solusi yang tepat bagi pelaku usaha batik, dimana gaya hidup masyarakat mengalami pergeseran dengan berbelanja melalui online. Mitra dalam pengabdian ini adalah Galery Batik Zhorif di Kecematan Danau Teluk Kota Jambi. Permasalahan mitra yang diprioritaskan akan diselesaikan adalah (1) Mitra belum memiliki strategi usaha dalam mempertahankan usahanya, pengetahuan mitra dalam merumuskan permasalahan dan pengambilan keputusan masih rendah yang terlihat mitra pasrah dengan keadaan pademi covid-19 (2) Motivasi pada mitra masih rendah dalam mengelola kegiatan pemasaran, dimana mitra masih tetap mengandalkan konsumen berkunjung dalam proses penjualan (3) Pemahaman mengenai digitalisasi masih rendah, mitra belum dapat mengelola pratform digital dengan baik sehingga kegiatan pemasaran secara digital tidak berjalan. Metode yang digunakan dalam pencapaian tujuan tersebut adalah metode sosial dan partisipatif dengan memberikan pelatihan dan pendampingan usaha kepada mitra mengenai peningkatan kemampuan mitra dalam pemanfaatan platform digital pada masa pademi covid 19. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat memberikan solusi pada mitra antara lain peningkatan motivasi dalam pengembangan usaha untuk pertumbuhan ekonomi daerah dengan membuka wawasan peserta secara luas mengenai peran UMKM dalam pertumbuhan ekonomi, peningkatan pemahaman peserta mengenai strategi dan konsep usaha dalam pengambilan keputusan melalui identifikasi masalah dan pemilihan alternatif solusi, peningkatan pemahaman mengenai pemasaran dan kemampuan IT sangat bermanfaat bagi mitra dalam melakukan pemasaran digital pada masa covid 19