Peningkatan Kompetensi Kewirausahaan Pelaku Usaha Batik Jambi melalui Pelatihan dan Pendampingan Digital Content Marketing dan Financial Technology Lending

Authors

  • Mohammad Ihsan Universitas Jambi
  • Edward Edward Universitas Jambi
  • Syahmardi Yacob Universitas Jambi
  • ade Perdana Siregar Universitas Jambi
  • Yayuk Sriayudha Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jitdm.v3i3.16381

Keywords:

Digital Content Marketing, Financial Technological Lending

Abstract

Produk Batik Jambi, merupakan salah satu produk industri kreatif andalan dari Kota Jambi. Batik Zhorif Jambi dalam melakukan kegiatan pemasaran telah menggunakan media online untuk memasarkan produknya, tetapi kurang maksimal dalam pengelolaan konten promosi pada media tersebut. Pertumbuhan dalam peningkatan usaha Batik Jambi Zhorif pada sisi lain mengalami kendala dengan permodalan. Munculnya teknologi financial berpotensi untuk memberikan solusi terhadap permasalahan pada UMKM. Mitra dalam pengabdian ini adalah Galery Batik Zhorif di Kecematan Danau Teluk Kota Jambi. Permasalahan mitra yang diprioritaskan akan diselesaikan adalah (1) pelaksanaan fungsi manajemen pada mitra belum maksimal, pengelolaan waktu dalam pekerjaan belum terorganisir, belum memiliki strategi dalam usaha pada mitra, seperti perumusan tujuan dan dalam pengambilan keputusan; (2) pemahaman mengenai IT masih rendah, memberikan konten informasi pada media sosial belum menarik dan jelas, belum konsisten dalam pengelolaan media sosial; (3) pemahaman mitra masih rendah dalam hal pencarian sumber modal, motivasi mengenai prosedur peminjaman modal masih rendah, pengelolaan keuangan belum maksimal. Metode yang digunakan dalam pencapaian tujuan tersebut adalah metode sosial dan partisipatif dengan memberikan pelatihan dan pendampingan usaha kepada mitra mengenai peningkatan kompetensi mitra dari aspek sumber daya manusia, aspek pemasaran dan aspek keuangan. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat memberikan solusi terhadap permasalahan mitra berupa peningkatan kompetensi pada mitra dalam menjalankan usahanya sesuai dengan fungsi-fungsi manajemen, peningkatan kemampuan mitra dalam mengelola media sosial sebagai alat promosi produk melalui pembuatan konten yang baik dan peningkatan kemampuan mitra dalam pemahaman pencarian sumber modal melalui online sebagai modal usaha dalam pengembangan usaha

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-27

How to Cite

Ihsan, M., Edward, E., Yacob, S., Perdana Siregar, ade, & Sriayudha , Y. . (2021). Peningkatan Kompetensi Kewirausahaan Pelaku Usaha Batik Jambi melalui Pelatihan dan Pendampingan Digital Content Marketing dan Financial Technology Lending. Jurnal Inovasi, Teknologi Dan Dharma Bagi Masyarakat, 3(3), 81-89. https://doi.org/10.22437/jitdm.v3i3.16381

Issue

Section

Daftar Isi