Hubungan Minat dan Motivasi Menjadi Perawat dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa Keperawatan
DOI:
https://doi.org/10.22437/jini.v1i2.9940Keywords:
Interest, motivation, learning achievementAbstract
Interest and motivation to become a nurse is very important to have. Students who are interested in the nursing profession will try more seriously when compared to students who are less interested in the nursing profession and motivation as well. it will have an impact on the ability of individuals to apply the knowledge they have received in carrying out their duties and responsibilities Objective of this study was to determine the correlation of interest with learning achievement, motivation with learning achievement, interest and motivation to be nurses together with learning achievements at Nursing students at Jambi University. This research is quantitative research, using ex post facto research methods. The population in this study were all students of nursing study programs of semester IV and VI with a sample of 73 samples, sampling using Proportional sampling method, data analysis using simple correlation analysis and multiple  correlation analysis. The results of this research on the variable interest to be nurse obtained a value of Sig. 0,000 <0.05, Motivation to be nurse with learning achievement with a value of Sig. 0,000 <0.05 and interest and motivation to be nurses together with learning achievement with Sig F Change value of 0,000 <0.05. Interest and motivation to become nurses affect learning achievement in nursing students Keywords: Interest, motivation, learning achievement.
AbstrakMinat dan motivasi untuk menjadi tenaga kepertawatan sangatlah penting untuk dimiliki. Mahasiswa yang berminat terhadap profesi perawat akan berusaha lebih sungguh-sungguh jika dibandingkan dengan mahasiswa yang kurang berminat dalam profesi perawat dan begitupun dengan motivasi, apabila tidak terdapat motivasi dalam diri maka akan timbul rasa malas untuk belajar sehingga akan mempengaruhi prestasi belajar, apabila prestasi belajar rendah maka akan berdampak pada kemampuan individu dalam mengaplikasikan ilmu yang sudah diterimanya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat dengan prestasi belajar, motivasi dengan prestasi belajar, minat dan motivasi menjadi perawat secara bersama-sama dengan prestasi belajar pada mahasiswa Keperawatan Universitas Jambi. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif, menggunakan metode penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester IV dan VI prodi keperawatan unja dengan jumlah sampel 73 sampel, pengambilan sampel menggunakan metode Proportional sampling, Analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Pada variabel minat menjadi perawat dengan prestasi belajar diperoleh nilai p-value 0.000 < 0.05, motivasi menjadi perawat dengan prestasi belajar dengan nilai p-value 0.000 < 0.05 dan minat dan motivasi menjadi perawat secara bersama-sama dengan prestasi belajar dengan nilai p-value 0.000 < 0.05. Minat dan motivasi menjadi perawat mempengaruhi prestasi belajar pada mahasiswa keperawatan
Kata Kunci: Minat, motivasi, prestasi belajar
Downloads
References
Atmaja (2017). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2017.
Atiyah, (2016). Hubungan antara Minat Menjadi Perawat dengan Prestasi Belajar di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Islam As-Syafi'iyah Jakarta, Jurnal Ilmiah Kesehatan, vol. 2, no. 2.
Djaali. (2012) Psikologi Pendidikan, Jakarta : PT Bumi Aksara.
Evy, Safitry. (2017). Hubungan Motivasi Menjadi Perawat dengan Prestasi Belajar Mahasiswa di Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang, Nursing News, vol. 2, no. 2.
Robert. (2019). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik, Jakarta Barat : PT Indeks Jakarta.
Saifudin. (2016). Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.
Suprapto. (2019).Hubungan Motivasi Menjadi Perawat dengan Prestasi Belajar, Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, vol. 10, no. 2, pp. 39-43
Zaiful, Rosyid. (2019). Prestasi Belajar, Malang: CV. Literasi Nusantara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Ners Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Ners Indonesia (JINI) memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel Jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.