Hubungan Pengetahuan, Kedekatan Ibu dan Pola Asuh Terhadap Kesiapan Remaja Menghadapi Menstruasi Pertama (Menarche) di SMP Negeri 04, 06, dan 17 Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.22437/jini.v2i2.15572Keywords:
Knowledge, the proximity of the mother, the pattern of parenting, menarcheAbstract
Young women who experience menarche often feel confused and sad. Adolescents who are not ready to face menarche will have a desire to refuse, they will feel menstruation as something cruel and threatening, this situation can continue in a more negative direction. SMP did not dare talk to his parents when experienced menarche. This research is a quantitative research with cross sectional design which aims to determine the relationship between knowledge, closeness of mother and child to the readiness of adolescents to face first menstruation ( menarche ) in SMP Negeri 04, 06 and 17 Jambi City. Population of 172 people with a sample size of 119 people, the sampling technique is proportional random sampling technique. The data was obtained by using a questionnaire for SMPN 04 and 0 6 students and google form on the SPN 17 student. Data were analyzed univariate and bivariate using the Chi-Square test. The results show that s ebanyak 45 (37,8 %) respondents have less knowledge, 71 (59,7 %) closeness to the mother well, 52 (43,7 %) mothers parenting is democratic, as many as 62 (52,1 %) said they were ready to face the first menstruation (menarche). The results of the test statisti k showed no significant relationship between knowledge ( p-value 0,001) , the proximity of the mother ( p-value 0,003 ) and the pattern of parenting (p-value 0,007) with the readiness of teenagers face first menstruation (menarche) in SMP Negeri 04, 06, and 17 Jambi City. It is expected that the schools work together with teachers BK to do counseling as scheduled and periodical about menstruation first (menarche) to increase the knowledge of adolescent and do consul about health reproduction in adolescents at school.
Abstrak
Remaja putri yang mengalami menarche sering merasakan kebingungan dan kesedihan.Remaja yang belum siap menghadapi menarche akan timbul keinginan untuk menolak, mereka akan merasa haid sebagai sesuatu yang kejam dan mengancam, keadaan ini dapat berlanjut ke arah yang lebih negatif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, kedekatan ibu dan anak terhadap kesiapan remaja menghadapi menstruasi pertama (menarche) di SMP Negeri 04, 06 dan 17 Kota Jambi. Populasi sebanyak 172 orang dengan jumlah sampel sebanyak 119 orang, teknik pengambilan sampel dengan teknik proporsional random sampling.. Data diperoleh dengan cara menggunakan kuesioner pada siswi SMPN 04 dan 0 6 dan google form pada siswi SPN 17. Data dianalisa univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil menunjukkan bahwa sebanyak 45 (37,8%) responden mempunyai pengetahuan yang kurang, sebanyak 71 (59,7%) kedekatan dengan ibu baik, sebanyak 52 (43,7%) pola asuh ibu adalah demokratis, sebanyak 62 (52,1%) mengatakaan siap menghadapi menstruasi pertama (menarche). Hasil uji statistic menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan (p-value 0,001), kedekatan ibu (p-value 0,003) dan pola asuh (p-value 0,007) dengan dengan kesiapan remaja menghadapi menstruasi pertama (menarche) di SMP Negeri 04, 06, dan 17Â Kota Jambi. Diharapkan agar pihak sekolah bekerja sama dengan guru BK untuk melakukan penyuluhan secara terjadwal dan berkala tentang menstruasi pertama (menarche) untuk meningkatakan pengetahuan remaja serta melakukan konsul tentang kesehatan reproduksi pada remaja di sekolah.
Kata kunci: pengetahuan, kedekatan ibu, pola asuh, dan menarche.
Downloads
References
Badan Pusat Statistik (BPS). (2019). Survei Keadaan Angkatan Kerja (SAKERNAS). Jakarta : BPS
Fajri dan Khairani. (2011). Hubungan antara Komunikasi Ibu-Anak dengan Kesiapan Menghadapi Menstruasi Pertama (Menarche) pada Siswa SMP Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal Psikologi Undip Vol. 10, No.2, Oktober 2011
Jayati, Nur Fitria, Purwati, Sugi. (2011). Deskripsi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Anak Dalam Menghadapi Menarche Di SD Negeri 1 Kretek Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Bidan Prada: Jurnal Ilmiah Kebidanan, Vol.3 No.1 Edisi Juni 2012
Kartono, K. 2016. Psikologi Wanita: Mengenal Gadis Remaja Dan Wanita Dewasa. Bandung: Mandiri Maju
Nastiti, F. D., Andayani, A., & Diah, M. (2013). Hubungan tingkat pengetahuan menarche dengan kesiapan siswi kelas v dan vi menghadapi menarche di SD Negeri 1 Gedanganak. Yogyakarta: Akademi Kebidanan Ngudi Waluyo.
Proverawati, A., & Misaroh, S. 2009. Menarche: Menstruasi Pertama Penuh. Makna. Yogyakarta: Nuha Medika
Santrock. 2013. Remaja. Erlangga. Jakarta
Saputri, S. A. (2012). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Tingkat Kecemasan pada Remaja dalam Menghadapi Menarche di SD Negeri Nayu 77 Surakarta. Karya Tulis Ilmiah. Solo: UNS
Sunaryo. (2014). Psikologi Untuk Keperawatan. EGC. Jakarta
Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI). (2017). Kesehatan Reproduksi Remaja, Laporan Pendahuluan, Jakarta
Wildan. (2012). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Peer Group Terhadap Konsep Diri Remaja Tentang Perilaku Seksual di SMA Negeri 12 dan MAN 2 Medan Tahun 2012. Tesis Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Sumatera Utara, 2013
World Health Organization (WHO). 2017. Adolescent Development: Topics at Glance. diunduh dari h p://www.who.int/maternal_child_adolescent/ topics/adolescence/dev/en/#
Yusuf, Syamsu. (2010). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Ners Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Ners Indonesia (JINI) memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel Jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.