Gambaran Efektivitas Pembelajaran dalam Jaringan Mahasiswa Program Studi Keperawatan Universitas Jambi selama Pandemi COVID-19

Authors

  • Rhetiya Mekiza Program Studi Keperawatan, Universitas Jambi
  • Indah Mawarti Program Studi Keperawatan, Universitas Jambi
  • Suryadi Imran Stikes Garuda Putih

DOI:

https://doi.org/10.22437/jini.v1i2.13505

Keywords:

Effectiveness, online learning

Abstract

Most of the world has been hit by the Covid-19 pandemic, one of which is Indonesia. The government implemented a policy to learn from home, resulting in the change of the learning system that is usually face-to-face to remote using the online learning system. Therefore, it is necessary to know the effectiveness of the online learning process during the Covid-19 pandemic. To know the description of the effectiveness of online learning during the pandemic Covid-19 at the nursing students Universitas Jambi. This research used descriptive method and the data obtained in the survey. The subject of this research is students of 2017 - 2020 in the Study Programme of Keperawatan UNJA. The study samples are 152 students. The used instrument is the standard quality of the online learning process SPADA 2019 by the ministry of education.

Based on the results, the online learning process of Nursing students at UNJA is quite effective. It comprises aspects of learning planning and learning strategies within the category of very effective, while the learning activity, learning media and technology, learning support service as well as learning evaluation aspects is quite effective. The online learning process of UNJA Nursing students categorized as quite effective.

Keywords: Effectiveness, Online Learning

Abstrak

Sebagian besar dunia telah dilanda pandemi Covid-19 salah satunya indonesia. Pemerintah menerapkan kebijakan belajar dari rumah, mengakibatkan diubahnya sistem pembelajaran yang biasanya tatap muka menjadi jarak jauh menggunakan sistem pembelajaran daring. Sehingga berdasarkan hal tersebut perlu diketahui efektivitas proses pembelajaran secara daring saat pandemi Covid-19. Untuk mengetahui gambaran efektivitas pembelajaran daring selama masa pandemic Covid-19 pada mahasiswa keperawatan Universitas Jambi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan data diperoleh secara survei. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2017 - 2020 di Program Studi Keperawatn UNJA. Sampel penelitian ini sebanyak 152 orang mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah standar mutu proses pembelajaran daring SPADA 2019 oleh Kemenristekdikti. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran daring mahasiswa Keperawatan UNJA tergolong cukup efektif. Hal ini meliputi aspek perencanaan pembelajaran dan strategi pembelajaran berada pada kategori sangat efektif, sedangkan aspek kegiatan pembelajaran, media dan teknologi pembelajaran, layanan bantuan belajar, serta evaluasi pembelajaran berada pada kategori cukup efektif. Proses pembelajaran daring mahasiswa Keperawatan UNJA masuk dalam kategori cukup efektif.

Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Daring

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmalaksana, W., Hambali, R., Masrur, A., & Muhlas, M. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1-12. http://digilib. uinsgd.ac.id/id/eprint/30434;

Hanum, N. S. (2013).Keefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90-102;

He, W., Xu, G., & Kruck, S. E. 2019).Online IS education for the 21st century. Journal of Information Systems Education, 25(2), 1. https://aisel.aisnet. org/jise/vol25/iss2/;

Hikmat., Hermawan, Endang., Aldim., Irwandi. (2020). Efektivitas Pembalajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Survey.

Kemenkes RI. (2020). Situasi terkini perkembangan novel coronavirus. Diakses melalui https://covid19.kemkes.go.id/ pada 25 september 2020.

Kemenristekdikti. 2019. Panduan Proses Pembelajaran Daring SPADA 2019. Jakarta.

Mastuti, dkk. 2020. Teaching From Home: Dari Belajar Merdeka menuju Merdeka Belajar. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Maulana, H. A., & Hamidi, M. (2020).Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 224-231. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3443.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Noor, J. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Goup.

Notoatmodjo S.(2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Oftedal, B., Urstad, K., Hvidsten, V., & Foss, B. (2015). Blended VS On-Campus Learning: A study of Exam Results in the Bachelor Degree in Nursing. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 11(3), 59-68.

Purwanto, A., dkk. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns Journal, 2(1).

Rusman. (2011). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.

Siakad Unja. (2020). Surat Edaran No 22 Tahun 2020 keberlanjutan pelaksanaan proses belajar mengajar Universitas Jambi secara daring.

Syarifudin, A. S. (2020) Impementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal pendidikan bahsa dan sastra indonesia metalingua,5(1), 31-34.

Vo, H. M., Zhu, C., & Diep, N. A. (2017). The effect of blended learning on student performance at course-level in higher education: A meta-analysis. Studies in Educational Evaluation, 53(Supplement C), 17-28;

Winarno, W. (2017). Design and Implementation of Web-Based Lecture Evaluation System. Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati, 3(2), 235-248.

Windiani, R. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Keanekaragaman Kenampakan Alam Dalam Pembelajaran IPS. (Skripsi). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan.

Yazdi, M. (2012). E-learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek. 2, (1), 143-152.

Zaharah, Dkk. (2020). Impact of Corona Virus Outbreak Towards Teaching and Learning Activities in Indonesia. Diakses melalui http://journal.uinjkt.ac.id /index.php/salam/article/view/15104/0.

Zulfikar, A. F., dkk. ( 2019). The Effectiveness of Online Learning with Facilitation Method. Procedia Computer Science, 161, 32-40. DOI: https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.096

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Mekiza, R. ., Mawarti, I., & Imran, S. (2020). Gambaran Efektivitas Pembelajaran dalam Jaringan Mahasiswa Program Studi Keperawatan Universitas Jambi selama Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Ners Indonesia, 1(2), 84-93. https://doi.org/10.22437/jini.v1i2.13505