Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi pada Matakuliah Investasi dan Pasar Modal Syariah

Authors

  • Yusuf Zaini Aprizal Universtias Jambi

Keywords:

PJBL, Eksplorasi, Investasi, Pasar Modal Syariah

Abstract

Penelitian ini mengkaji efektivitas pendekatan pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi mahasiswa pada mata kuliah investasi dan pasar modal syariah. Menggunakan desain penelitian campuran, data dikumpulkan melalui survei kuesioner, wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi proyek dari mahasiswa program studi Ekonomi Islam semester 4 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Hasil analisis menunjukkan peningkatan signifikan dalam kreativitas dan inovasi mahasiswa setelah penerapan metode ini, dengan mean skor kreativitas meningkat dari 3.2 menjadi 4.5 dan mean skor inovasi meningkat dari 3.1 menjadi 4.6. Tema utama yang muncul dari analisis kualitatif mencakup peningkatan keterlibatan, pengembangan keterampilan berpikir kritis, dan motivasi untuk berinovasi. Pembelajaran berbasis proyek terbukti efektif dalam menghubungkan teori dengan praktik, mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan dunia kerja dengan keterampilan kreatif dan inovatif yang lebih kuat. Temuan ini menyarankan adopsi lebih luas dari metode pembelajaran ini dalam pendidikan pasar modal syariah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesiapan kerja mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiansha, A A., Khatimah, H., & Asriyadin. (2020). Pengembangan Kreativitas Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Brain Based Learning Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1), 45-52. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.327

Aprizal, Y. Z., Faizah, I., & Malik, A. (2022). Islamic Philanthropy in the Indonesian Sharia Capital Market (Filantropi Islam di Pasar Modal Syariah Indonesia). El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB), 12(2), 193-210. https://doi.org/10.15642/elqist.2022.12.2.193-210

Asiyah, B N., Yuliani, N A., Amelia, E., & Nasiroh, F. (2020). Pelarangan Riba Dalam Perbankan; Impact Pada Terwujudnya Kesejahteraan Di Masa Covid-19, Imara: Jurnal Riset Ekonomi Islam, 4(1), 1-1. https://doi.org/10.31958/imara.v4i1.2083

Azakia, K., Supandi, A F., Ramadhani, K N., & Dani, F U. (2020). Risiko, Return Investasi dan Kinerja Saham (Studi Perbandingan Volatilitas Harga Saham Syariah dan Konvensional Dengan Menggunakan Model Garch). At-Taradhi: Jurnal Studi Ekonomi is a national journal of economics studies, 11(2), 135-135. https://doi.org/10.18592/at-taradhi.v11i2.3932

Effendi, A. (2020, October 26). Perlindungan Hukum Terhadap Investor Dalam Investasi Melalui Reksadana Syariah Di Indonesia, Mamba'ul 'Ulum, 16(2), 37-49. https://doi.org/10.54090/mu.16

Hidayat, M S. (2023, July 1). Mengurai Potensi Ekonomi Syariah sebagai Solusi Krisis Keuangan Global: Kajian Mendalam melalui Studi Literatur, Alamiah : Jurnal Muamalah dan Ekonomi Syariah, 4(02), 21-25. https://doi.org/10.56406/jurnalalamiah.v4i02.220

Kamaruddin, F., Pagarra, H., & B, N B N. (2021). Efektivitas Model Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 4 Pinrang Materi Perubahan Lingkungan dan Upaya Mengatasinya, Biology Teaching and Learning (BTL), 3(2). https://doi.org/10.35580/btl.v3i2.19168

Kurnialis, S., Uliya, Z., Fitriani, F., Aulasiska, M., & Nizam, M S. (2022). Perkembangan Perbankan Syariah di Negara Muslim. UIR Press, Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 5(2), 109-119. https://doi.org/10.25299/syarikat.2022.vol5(2).9688

Lestari, M N D., & Sutrisna, I P E. (2022, April 30). Project-Based Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Program Studi Pariwisata, Cultoure: Jurnal Ilmiah Pariwisata Budaya Hindu, 3(1), 40-40. https://doi.org/10.55115/cultoure.v3i1.2041

Makhrus, M., Mukarromah, S., & Makhful, M. (2022). Pendampingan Pengelolaan Keuangan Sekolah Melalui Peningkatan Pemahaman Literasi Keuangan Syariah, Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 5, 53-59. https://doi.org/10.30595/pssh.v5i.426

Maryam, S., Ningsih, D N., Sanusi, D., Wibawa, D C., Ningsih, D S N., Fauzi, H F., & Ramdan, M N. (2022). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Yang Inovatif, Adaptif, dan Kolaboratif, JE (Journal of Empowerment), 3(1), 82-82. https://doi.org/10.35194/je.v3i1.2322

Maulidyah, E., Hidayat, M T., Kariyun, S., & Hartatik, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif IPA Kelas IV SD, Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, Universitas Hamzanwadi, 6(2). https://doi.org/10.29408/didika.v6i2.2379

Panjaitan, K., Saragih, A H., & Purba, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Generic Green Skill In Project Based Learning Pada Menggambar Teknik Berbantuan CAD, Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 7(2), 203-203. https://doi.org/10.24114/jtikp.v7i2.23247

Salamiyah, Z., & Kholiq, A. (2020). Pengembangan Ecthing (E-Book Creative Thinking) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMK Pada Materi Hukum OHM, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 9(3), 342-348. https://doi.org/10.26740/ipf.v9n3.p342-348

Samsiyah, S., Musadad, A A., & Pelu, M. (2020). Urgency Of Project Based Learning Model In Social Studies Learning To Improve Students Learning Achievement, Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(2), 243-243. https://doi.org/10.20961/shes.v3i2.46245

Tanjung, R N., & Rokan, M K. (2022, March 22). Analysis of Marketing Mix Implementation on Hajj Savings Products in Increasing Hajj Customers at Mega Syariah Bank (Case Study of Mega Syariah Bank KCP Medan Katamso), Journal of Indonesian Management, 2(1). https://doi.org/10.53697/jim.v2i1.457

Yaqin, M A. (2010). Kontribusi Pasar Modal Syariah Terhadap Pembangunan Hukum Pasar Modal Nasional, Law Reform, 6(1), 97-97. https://doi.org/10.14710/lr.v6i1.12506

Zulhandayani, F. (2023). Canva sebagai Media Peningkatan Kreativitas Mendesain Iklan Slogan dan Poster pada Model Project-Based Learning, Mukadimah: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 7(1), 126-131. https://doi.org/10

Downloads

Published

2024-06-26

Issue

Section

Articles