Analisis Faktor-Faktor Penggunaan Dompet Digital (E-Wallet) sebagai Alat Transaksi di Tinjau dari Perspektif Ekonomi Islam

Authors

  • Lili Rahma Yanti Universitas Jambi
  • Nurida Isnaeni Universitas Jambi
  • Rafiqi

Keywords:

Kemudahan, Kepuasan, Kepercayaan, Dompet Digital

Abstract

Penelitian ini tentang karakteristik dan faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam menggunakan dompet digital yang ditinjau dari perspektif ekonomi Islam. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dengan populasi adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi S1 angkatan 2018-2021. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 97 orang responden. Pengolahan data menggunakan regresi linear berganda dengan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan, kepuasan dan kepercayaan secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan dompet digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ericaningtyas, R. B., & Minarso, B. (2021). Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Dalam Minat Penggunaan Sistem Pembayaran E-Wallet Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro Semarang). 2(2), 1–20.

Jakpat.Net. (2021). Indonesia Digital Payment Trend 1st Semester Of 2021 - JAKPAT Survey Report - JAKPAT. Https://Blog.Jakpat.Net/Indonesia-Digital-Payment-Trend-1st-Semester-Of-2021-Jakpat-Survey-Report/

JAKPAT. (2021). Indonesia Ecommerce Trend 1st Semester Of 2021. Https://Blog.Jakpat.Net/Indonesia-Digital-Wallet-2nd-Semester-Of-2020-Jakpat-Survey-Report/

Latief, F., Dirwan, & Idris, M. (2021). Determinan Minat Penggunaan E-Wallet Shopeepay. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 157–166. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2020/09/09

Luthfianti, R., & Citra Kusuma Dewi, S. P. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayan, Kepuasan Konsumen Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Pengguna OVO 2019. 7(1), 1–9.

Mumtaha, H. A., & Khoiri, H. A. (2019). Analisis Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0 Pada Perilaku Masyarakat Ekonomi (E-Commerce). Jurnal Pilar Teknologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Ilmu Teknik, 4(2). Https://Doi.Org/10.33319/Piltek.V4i2.39

Nafiah, R., & Faih, A. (2019). Analisis Transaksi Financial Technology (Fintech) Syariah Dalam Perspektif Maqashid Syariah. IQTISHADIA Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 6(2), 167–175. Https://Doi.Org/10.19105/Iqtishadia.V6i2.2479

Nugroho, D. M. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Layanan, Dan Harga Produk Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Prabayar Telkomsel. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.

Nurhalim, A. D. (2019). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Loyalitas Pengguna OVO Pada Grab. Bina Manjemen, 8, 58–73.

OJK. (2022). Penyelenggara Fintech Landing Berizizn Di OJK Per 3 Januari 2022. OJK. Https://Www.Ojk.Go.Id/Id/Kanal/Iknb/Financial-Technology/Pages/Penyelenggara-Fintech-Lending-Berizin-Di-OJK-Per-3-Januari-2022.Aspx

Priyono, A. (2017). Analisis Pengaruh Trust Dan Risk Dalam Penerimaan Teknologi Dompet Elektronik Go-Pay. Jurnal Siasat Bisnis, 21(1), 88–106. Https://Doi.Org/10.20885/Jsb.Vol21.Iss1.Art6

Downloads

Published

2023-07-27

Issue

Section

Articles