Pengaruh Pembiayaan Musyarakah dalam Meningkatkan Pendapatan Industri Pisang Sale di Desa Purwo Bakti Kecamatan Batin III Kabupaten Bungo (Tinjauan dalam Ekonomi Islam)

Authors

  • Ratna Sari Dewi Universitas Jambi
  • Amri Amir Universitas Jambi
  • Rafiqi Universitas Jambi

Keywords:

Pembiayaan Musyarakah, Pendapatan, Industri

Abstract

Penelitian ini tentang “Pengaruh Pembiayaan Musyarakah dalam Meningkatkan Pendapatan Industri Pisang Sale di Desa Purwo Bakti Kecamatan Batin III Kabupaten Bungo (Tinjauan dalam Ekonomi Islam)â€. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembiayaan Musyarakah yang diterima dengan pendapatan Industri Pisang Sale di Desa Purwo Bakti Kecamatan Batin III Kabupaten Bungo, jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sampel penelitian  dalam  penelitian  ini  ditentukan  dengan  menggunakan  teknik  purposive sampling dengan jumlah 36 pengusaha pisang sale. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi, sedangkan model analisis yang digunakan adalah model regresi linier sederhana, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini   menunjukkan bahwa pembiayaan musyarakah memiliki pengaruh signifikan terhadap pendapatan industri pisang sale

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Quran dan Terjemahannya. Bandung: CV Penerbit Diponegoro.

Arfah. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas dan Pendapatan Usaha Tani Padi di Desa Bumiayu Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Skripsi. Makassar: Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar.

Damanik, Joni Arman. (2014). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Padi di Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Ghazali, A. A. (2010). Fiqh Muamalat. Jakarta: Kencana.

Hasanudin, H. N. (2008). Ensilopi Ekonomi dan Perbankan Syariah. Bandung: Kafa Publishing.

Haryani, I. (2017). Analisis Peran Modal Kerja Dalam Meningkatkan Profitabilitas Pada Koperasi Pegawai Negeri Karya Sejahtera Baturaja Kabupaten Oku. Universitas Baturaja.

Harahap, S. dkk, (2005). Akuntansi Perbankan Syariah. Jakarta: LPEE Usakti.

Latif. (2020). Pembiayaan Mudharabah dan Pembiayaan Musyarakah di Perbankan Syariah. Jurnal Ilmu Akuntansi dan Bisnis Syariah. Volume II/ Nomor 01.

Karini, I. (2017). Analisis Peran Pembiayaan Modal Kerja Usaha Terhadap Peningkatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Baitut Tamwil Muhammadiyah BiMU Bandar Lampung). Skripsi: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Mulyadi. (2010). Sistem Akuntansi, Edisi ke-3, Cetakan ke-5. Penerbit Salemba Empat.

Nasir, S. (2010). Pemikiran Kalam, (Teologi Islam). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Rivai, V. (2008). Islamic Financial Management. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sudarsono. (2004). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Yogyakarta: EKONISA.

Sunarko. 2009. Budi Daya dan Pengelolaan Kebun Kelapa Sawit dengan Sistem Kemitraan. Jakarta: PT Agro Media Pustaka.

Downloads

Published

2023-07-21

Issue

Section

Articles