https://online-journal.unja.ac.id/JEec/issue/feedJournal of Economic Education2023-06-20T00:00:00+07:00Romi Kurniadiromikurniadi@unja.ac.idOpen Journal Systems<p>JEec- <strong><em><span style="text-decoration: underline;">Journal of economic education</span></em></strong> which publishes the research results of individual or collaborative research. This journal publish not only focus on economic education but also technology and vocational, social science, non formal education, learning technologies, and education management. All aspects give contribution for understanding, theory development and scientific concept, and the aplication toward group of knowledge of economy in education science and pure economic study, Universitas Jambi.</p> <p>JEec- Journal is published by economic education study program, FKIP, Universitas Jambi.</p>https://online-journal.unja.ac.id/JEec/article/view/18803ANALYSIS OF CASH FLOW STATEMENT OF OPERATIONS, INVESTMENT AND FINANCING AT PT. ADIRA DINAMIKA MULTI FINANCE TBK2022-06-13T06:27:28+07:00Magistra Alex Rizqi Mubarokmagistraalex@students.unnes.ac.id<p>Laporan arus kas memberikan informasi berupa penerimaan dan penggunaan kas<br />di perusahaan yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan ekonomi. Laporan arus<br />kas menyajikan arus kas masuk dan keluar dalam suatu perusahaan. Laporan arus kas terdiri<br />dari tiga aktivitas, yaitu arus kas operasi, arus kas investasi, dan arus kas pendanaan. Tujuan<br />penelitian adalah untuk mengetahui informasi perkembangan arus kas pada PT Adira<br />Dinamika Multi Finance Tbk. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan<br />mengumpulkan data untuk meneliti satu variabel subjek penelitian. Hasil penelitian ini<br />menunjukkan bahwa PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk secara umum memiliki<br />laporan arus kas yang baik. Sebaiknya PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk dapat<br />mempertahankan tren positif arus kas operasi dan arus kas pendanaan serta memperbaiki<br />arus kas investasi yang memiliki tren buruk di tahun lalu</p>2023-06-21T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Journal of Economic Educationhttps://online-journal.unja.ac.id/JEec/article/view/22676ANALISIS PENYEBAB DAN UPAYA KRISIS MONETER YANG DILAKUKAN PARA PEMERINTAH SAAT KRISIS GLOBAL TAHUN 20082023-05-19T11:29:40+07:00Ratna Tiara Saniratnatiara70@gmail.comMelandia Agustinmelanmsa937@gmail.comRaseta Mardianasitamardiana15@gmail.comAdelia Putriadeliaanursi@gmail.comElla Meiza Putriellameiza2021@gmail.comArjuna Putra Pradanajunahatsune@gmail.com<p>Di era globalisasi ini semakin terintegrasinya perekonomian yang sejalan dengan teknologi informasi. Dalam kurun waktu yang sangat singkat, krisis keuangan yang terjadi di Amerika Serikat dengan sangat cepat merambak ke negara-negara lain sehingga berkembang menjadi masalah yang cukup serius yang menimbulkan pengaruh keuangan ekonomi. Krisis 2008 ini merupakan krisis keuangan global yang sangat buruk dalam kurun waktu 80 tahun terakhir. Krisis yang awalnya dialami karena subprime mortgage di Amerika Serikat ternyata berpengaruh pada dunia internasional. Oleh karena itu, para pemimpin negara mengupayakan agar krisis dapat diminimalisir dengan diadakannya rapat yang dihadiri oleh G-20. G-20 ini merupakan para kelompok perekonomian besar di dunia.</p>2023-06-21T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Journal of Economic Educationhttps://online-journal.unja.ac.id/JEec/article/view/22762ANALISIS PENERIMAAN DAN PENGELURAN NEGARA INDONESIA TAHUN 2019-20212023-05-15T11:40:21+07:00Dwi Khoirunnisaa Ramadhanidwikhrnssa@gmail.comDevi Rezadeviliza103@gmail.comKhairun Nisa knisa8653@gmail.comNurul Mahfuzdhohmahfuzdhohnurul@gmail.comVidia Fitrividiafitri97@gmail.com<p>Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana<br />perkembangan penerimaan dan pengeluaran pemerintah pada tahun 2019-2021 dengan<br />menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan informasi dan<br />data melalui jurnal dan artikel serta mengunduh data di bps.go.id. berdasarkan hasil<br />penelitian ini terlihat bahwa pada tahun 2020 pendapatan pemerintah mengalami<br />penurunan pendapatan yang disebabkan wabah covid-19. Sehingga Ekonomi Indonesia<br />mengalami penurunan sebesar 2,07%. Atas peristiwa ini pemerintahpun tidak tinggal diam,<br />dan sudah menyiapkan strategi untuk menanganinya, seperti pertambahan anggaran di<br />bidang kesehatan, memberikan bantuan sosial, pemulihan perekonomian nasional serta<br />kebijakan di sektor keuangan.</p>2023-06-21T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Journal of Economic Educationhttps://online-journal.unja.ac.id/JEec/article/view/23180ANALISIS MASALAH KEPENDUDUKAN DI INDONESIA2023-05-15T11:37:34+07:00Arinda Puspita Sariarindapuspitasari29@gmail.comGinanti Rahmadiniginantirahmadini12@gmail.comHutri Charlinaputrijambi765@gmail.comZulfan Egi Pradanipradani66@gmail.comMuhammad Irsan Ramadanirsanuchiha3@gmail.com<p>Pertumbuhan penduduk yang cepat di Indonesia telah mempengaruhi perkembangan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk sosial, ekonomi, politik, dan kebudayaan. Peningkatan jumlah penduduk dapat menyebabkan masalah kependudukan yang lebih kompleks. Masalah kependudukan juga dapat mempengaruhi tingkat pembangunan kependudukan dan kualitas keluarga kecil. Selain itu, pertumbuhan penduduk yang tinggi dapat menyebabkan masalah lingkungan, seperti bencana alam dan kerusakan alam. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait dengan analisis masalah kependudukan di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode literatur review yaitu dengan mengumpulkan sumber sumber seperti artikel,jurnal dan buku yang berkaitan dengan topik yang diteliti dan kemudian dilakukan analisis. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa masalah kependudukan di Indonesia mencakup tingginya angka kelahiran, angka harapan hidup, masalah jumlah penduduk dan padatnya pemungkiman penduduk. Solusi dari permasalahan kependudukan tersebut yang dapat dilakukan pemerintah antara lain adalah meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam Keluarga Berencana ( KB ), peningkatan akses terhadap pendidikan dan pelatihan,peningkatan lapangan kerja dan peningkatan pembangunan ekonomi.</p>2023-06-21T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Journal of Economic Educationhttps://online-journal.unja.ac.id/JEec/article/view/25227PERSEPSI GURU EKONOMI TENTANG PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMAN KOTA JAMBI2023-05-22T10:28:45+07:00Elisabet Horida Pasaribuelisabetpasaribu12345@gmail.comFachruddiansyah MuslimFachruddiansyah.muslim@unja.ac.idMayasari Mayasarimayasari@unja.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru ekonomi tentang pelaksanaan kurikulum merdeka di SMAN Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Alat pengumpulan data dari penelitian ini observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dilakukan analisis data dengan melakukan pengcodingan terlebih dahulu untuk pengelompokan melalui aplikasi<em> nvivo</em> dan kemudian data dianalisis meggunakan analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini peneliti mengelompokan data menggunakan SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari pelaksanaan kurikulum merdeka. Kekuatan yaitu pembelajaran lebih merdeka sesuai dengan minat dan bakat siswa. Kelemahan sarana dan prasarana yang kurang. Peluang pelaksanaan kurikulum merdeka di SMAN Kota jambi siswa dan guru dapat mengembangkan potensi diri. Ancaman dari pelaksanaan kurikulum merdeka di SMAN Kota Jambi yaitu Keterbatasan referensi bahan ajar, sarana dan prasarana yang kurang, dan sumber daya manusia yang kurang maksimal</p>2023-06-21T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Journal of Economic Educationhttps://online-journal.unja.ac.id/JEec/article/view/26036Pengaruh Literasi Keuangan dan Iklan Terhadap Minat Menggunakan E-Money pada Mahasiswa PIPS Universitas Jambi Angkatan 20202023-06-14T16:52:09+07:00Agustina Anggrianiagustinaanggianistrs@gmail.comRosmiati Rosmiatirosmiati.fkip@unja.ac.idDestri Yaldidestriyaldi@unja.ac.id<p><a name="_Toc133938424"></a>Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh literasi keuangan dan iklan terhadap minat menggunakan <em>e-money </em>pada mahasiswa PIPS Universitas Jambi angkatan 2020. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa jurusan PIPS (Ekonomi, Sejarah, dan Kewarganegaraan) Angkatan 2020 yang berjumlah 197 mahasiswa dengan sampel sebanyak 132 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket yang disebar secara <em>online </em>melalui <em>google form</em>. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh literasi keuangan terhadap minat menggunakan <em>e-money </em>menunjukkan nilai koefisien regresi sebesar 0,572 dengan nilai  lebih besar dari  (8,195 > 1,656659) (2) Terdapat pengaruh Terdapat pengaruh iklan terhadap minat menggunakan <em>e-money </em>menunjukkan nilai koefisien regresi sebesar 0,699 dengan nilai  lebih besar dari  (11,158 > 1,656659) (3) Terdapat pengaruh literasi keuangan dan iklan terhadap minat menggunakan <em>e-money </em>dengan nilai  >  yaitu (62,641 > 3,07).</p> <p><strong>Kata Kunci : </strong>Literasi Keuangan, Iklan, Minat Menggunakan <em>E-Money</em>.                      </p> <p><strong><em>Abstract</em></strong>: This study aims to see the effect of financial literacy and advertising on the interest in using e-money in Jambi University PIPS students class of 2020. The population of this research is students majoring in PIPS (Economics, History, and Citizenship) class of 2020, totaling 197 students with a sample of 132 students . Data was collected using a questionnaire that was distributed online via the Google form. The results of this study indicate that (1) there is an effect of financial literacy on the interest in using e-money showing a regression coefficient value of 0.572 with a t_count value greater than t_table (8.195 > 1.656659) (2) there is an influence. There is an influence of advertising on interest in using e-money -money shows a regression coefficient value of 0.699 with a t_count value greater than t_table (11.158 > 1.656659) (3) There is an effect of financial literacy and advertising on interest in using e-money with a value of f_count > f_table, namely (62.641 > 3.07) .                             </p>2023-06-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Journal of Economic Education