Pengaruh Literasi Keuangan dan Iklan Terhadap Minat Menggunakan E-Money pada Mahasiswa PIPS Universitas Jambi Angkatan 2020

Authors

  • Agustina Anggriani Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi
  • Rosmiati Rosmiati Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi
  • Destri Yaldi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi

Keywords:

Financial Literacy, Advertising, nterest in Using E-Money

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh literasi keuangan dan iklan terhadap minat menggunakan e-money pada mahasiswa PIPS Universitas Jambi angkatan 2020. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa jurusan PIPS (Ekonomi, Sejarah, dan Kewarganegaraan) Angkatan 2020 yang berjumlah 197 mahasiswa dengan sampel sebanyak 132 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket yang disebar secara online melalui google form. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh literasi keuangan terhadap minat menggunakan e-money menunjukkan nilai koefisien regresi sebesar 0,572 dengan nilai  lebih besar dari  (8,195 > 1,656659) (2) Terdapat pengaruh Terdapat pengaruh iklan terhadap minat menggunakan e-money menunjukkan nilai koefisien regresi sebesar 0,699 dengan nilai  lebih besar dari  (11,158 > 1,656659) (3) Terdapat pengaruh literasi keuangan dan iklan terhadap minat menggunakan e-money dengan nilai  >  yaitu (62,641 > 3,07).

Kata Kunci : Literasi Keuangan, Iklan, Minat Menggunakan E-Money.                      

Abstract: This study aims to see the effect of financial literacy and advertising on the interest in using e-money in Jambi University PIPS students class of 2020. The population of this research is students majoring in PIPS (Economics, History, and Citizenship) class of 2020, totaling 197 students with a sample of 132 students . Data was collected using a questionnaire that was distributed online via the Google form. The results of this study indicate that (1) there is an effect of financial literacy on the interest in using e-money showing a regression coefficient value of 0.572 with a t_count value greater than t_table (8.195 > 1.656659) (2) there is an influence. There is an influence of advertising on interest in using e-money -money shows a regression coefficient value of 0.699 with a t_count value greater than t_table (11.158 > 1.656659) (3) There is an effect of financial literacy and advertising on interest in using e-money with a value of f_count > f_table, namely (62.641 > 3.07) .                                                        

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles