PERSEPSI GURU EKONOMI TENTANG PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMAN KOTA JAMBI

Authors

  • Elisabet Horida Pasaribu Mahasiswi
  • Fachruddiansyah Muslim Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi
  • Mayasari Mayasari Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi

Keywords:

Persepsi Guru Ekonomi, Pelaksanaan Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru ekonomi tentang pelaksanaan kurikulum merdeka di SMAN Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Alat pengumpulan data dari penelitian ini observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dilakukan analisis data dengan melakukan pengcodingan terlebih dahulu untuk pengelompokan melalui aplikasi nvivo dan kemudian data dianalisis meggunakan analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini peneliti mengelompokan data menggunakan SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari pelaksanaan kurikulum merdeka. Kekuatan yaitu pembelajaran lebih merdeka sesuai dengan minat dan bakat siswa. Kelemahan sarana dan prasarana yang kurang. Peluang pelaksanaan kurikulum merdeka di SMAN Kota jambi siswa dan guru dapat mengembangkan potensi diri.  Ancaman dari pelaksanaan kurikulum merdeka di SMAN Kota Jambi yaitu Keterbatasan referensi bahan ajar, sarana dan prasarana yang kurang, dan sumber daya manusia yang kurang maksimal

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-21

Issue

Section

Articles