Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Pada KPP Pratama Jambi Telanaipura dan KPP Pratama Jambi Pelayangan

Authors

  • Lesgawati Purwonegoro Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi, Jambi - Indonesia
  • Ilham Wahyudi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi, Jambi - Indonesia
  • Fredy Olimsar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi, Jambi - Indonesia

Keywords:

Pengetahuan Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Sanksi Pajak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan Wajib Pajak tentang perpajakan, tax amnesty, kondisi keuangan Wajib Pajak, kualitas pelayanan fiskus, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Populasi dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak (Orang Pribadi dan Badan) yang terdaftar di KPP Pratama Jambi Telanaipura dan KPP Pratama Jambi Pelayangan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik cluster sampling, sedangkan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin, sehingga diperoleh sampel sebanyak 88 orang Wajib Pajak. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu software program SPSS 28 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan Wajib Pajak tentang perpajakan, tax amnesty, kondisi keuangan Wajib Pajak, kualitas pelayanan fiskus, dan sanksi pajak secara semultan berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Sedangkan secara parsial, pengetahuan Wajib Pajak tentang perpajakan, tax amnesty, kualitas pelayanan fiskus, sanksi pajak berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak dan kondisi keuangan Wajib Pajak tidak berpengaruh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afritenti, H., Fitriyani, D., & Susfayeti. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Pekerjaan Bebas yang Terdaftar di KPP Pratama Jambi. Jambi Accounting Review (JAR), 1(1), 63–79.

Darussalam, D. (2014). Tax Amnesty dalam Rangka Rekonsiliasi Nasional. Inside Tax, 26, 14–19.

Dewi, N. K., Junaidi, & Jumaili, S. (2016). Analisis Perilaku Ketidakpatuhan Wajib Pajak Badan (Studi Empirik Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jambi). Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 1(3).

Febriani, Y., & Kusmuriyanto. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak. Accounting Analysis Journal, 4(4). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/aaj

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gustiawan, M. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Kota Jambi Tahun 2019. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi.

Lasmana, A., & Wiryanti, D. A. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Pada KKP Pratama Majalaya. Jurnal Akunida, 3(2).

Mardiasmo. (2011). Perpajakan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

Monica, N. (2013). Pengaruh Kondisi Keuangan Wajib Pajak Terhadap Hubungan Antara Persepsi Wajib Pajak Tentang Kualitas Pelayanan Fiskus Dengan Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Fakultas Ekonomi , Universitas Negeri Padang.

Ngadiman, & Huslin, D. (2015). Pengaruh Sunset Policy, Tax Amnesty, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Kembangan). Jurnal Akuntansi. Universitas Tarumanegara.

Nurmantu, S. (2009). Pengantar Perpajakan. Jakarta: Granit.

Nurmantu, S. (2014). Pengantar Perpajakan, Edisi Revisi. Jakarta: Granit.

Putra, W. E., Kusuma, I. L., & Dewi, M. W. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak ( Studi Kasus pada Wajib Pajak Orang Pribadi dan Badan di Wilayah Kota Jambi). Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 20(1), 43–54. https://doi.org/10.29040/jap.v20i1.360

Resmi, S. (2009). Perpajakan: Teori dan Kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Resmi, S. (2011). Perpajakan. Jakarta: Salemba Empat.

Supadmi. (2010). Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Kualitas. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis: Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Supadmi, N. L. (2009). Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Kualitas Pelayanan. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 4(2).

Susanti, L., & Melani, M. M. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada KPP Pratama Sukabumi) (Vol. 4, Issue 1).

Susanto, H. (2012). Membangun Kesadaran dan Kepedulian Sukarela Wajib Pajak. https://www.pajak.go.id/id/artikel/membangun-kesadaran-dan-kepedulian-sukarela-wajib-pajak. Diakses pada 22 Februari 2022

Tahar, A., & Rachman, A. K. (2014). Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Akuntansi Dan Investasi, 15(1), 56–67.

Widyaningsih, A. (2011). Hukum Pajak dan Perpajakan. Bandung: Alfabeta.

Yogatama, A. (2014). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus di Wilayah KPP Pratama Semarang Candisari). Universitas Diponegoro, Semarang.

Downloads

Published

2024-07-19

How to Cite

Purwonegoro, L., Wahyudi, I., & Olimsar, F. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Pada KPP Pratama Jambi Telanaipura dan KPP Pratama Jambi Pelayangan. Jambi Accounting Review (JAR), 4(2), 234-249. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/JAR/article/view/23871

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>