Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Base Learning-PjBL) Pada Mata Kuliah Farmasetika Pada Program Studi Farmasi Universitas Jambi

Authors

  • Fathnur Sani K Universitas Jambi
  • Uce Lestari Program Studi Farmasi FKIK UNJA

Keywords:

Farmasetika, Farmasi, Project Based Learning, Inovatif

Abstract

Farmasetika merupakan ilmu yang mempelajari tentang cara penyediaan obat meliputi kegiatan menghitung dosis obat, preformulasi, seni peracikan, pembuatan sediaan farmasi menjadi bentuk sediaan yang nyaman dan aman digunakan oleh masyarakat. Tujuan penelitian Project Based Learning (PjBL) adalah sebagai salah satu upaya dari dosen untuk melakukan inovasi pembelajaran sehingga Capaian Pembelajaran dapat tercapai dengan baik kepada mahasiswa.Metode penelitian dilakukan dengan cara pelaksanaan kegiatan kemudian diakhir perkuliahan diminta mahasiswa memberikan refleksi dari hasil kegiatan pembelajaran. Hasilnya akan dianalisa secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Project Based Learning (PjBL) memberikan pengaruh yang baik bagi mahasiswa. Dimana mereka setuju dengan penerapan Project Based Learning (PjBL) pada Mata Kuliah Farmasetika mampu memberikan suasana belajar yang baru dan inovatif sebanyak 47,44% mahasiswa setuju dan 23,07% mahasiswa sangat setuju bahwa untuk Mata Kuliah Farmasetika lebih menarik dengan penerapan Project Based Learning (PjBL) serta mahasiswa juga merasa puas dengan hasil penerapan Project Based Learning (PjBL) yaitu nilai sangat tidak puas 0,04%, Tidak Puas 0,34%, Kurang Puas 0,22%, Puas 38,72%, dan Sangat Puas 43,07%.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-22

How to Cite

Fathnur Sani K, & Lestari, U. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Base Learning-PjBL) Pada Mata Kuliah Farmasetika Pada Program Studi Farmasi Universitas Jambi. Indonesian Journal of Pharma Science, 5(1), 179-189. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/IJPS/article/view/28885