ANALISIS KEBUTUHAN MAHASISWA TERHADAP BAHAN AJAR SEBAGAI ACUAN UNTUK PENGEMBANGAN MODUL FISIKA GELOMBANG BOLA DAN TABUNG

  • Wawan Kurniawan Universitas Jambi
  • Febri Berthalita Pujaningsih Universitas Jambi
  • Alrizal Alrizal Universitas Jambi
  • Nindi Ayu Latifah Universitas Jambi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan mahasiswa tehadap bahan ajar yang diperlukan pada matakuliah Gelombang dan Optik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan fisika angkatan 2015 Universitas Jambi yang telah mengontrak matakuliah Gelombang dan Optik. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini diambil secara acak dengan total sampel sebanyak 25 mahasiswa. Data penelitian diperoleh dari pengisian lembar observasi awal dan angket kebutuhan terhadap bahan ajar yang diinginkan. Hasil observasi awal menunjukan bahwa bahan ajar pada perkuliahan Gelombang dan Optik masih belum dapat menjelaskan konten pembelajaran secara rinci, baik dari segi materi maupun visualisasi. Selain itu, bahan ajar yang selama ini digunakan dirasa cukup sulit dipahami oleh mayoritas mahasiswa karena menggunakan pengantar berbahasa asing. Hasil analisis angket kebutuhan terhadap pengembangan bahan ajar menunjukkan bahwa mahasiswa membutuhkan bahan ajar yang mampu menjelaskan materi pembelajaran secara rinci, dilengkapi dengan penurunan rumus dan visualisai konten pembelajaran yang bersifat abstrak, serta bahan ajar berbahasa indonesia yang mudah dipahami.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fuada & Aquari. (2013). Square Wave Generator Circuit Analysis Using Matlab Approach. International Journal Of Engineering Sciences & Research Technology. ISSN: 2277-9655. University of Malang.

Kristanto, Dedi. D. (2011).Pengembangan Modul Fisika RSBI Pokok Bahasan Gerak Pada Siswa SMA Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Purwareja Klampok. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Mukarramah, dkk. (2016). Pengembangan Modul Fisika pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis dengan Menggunakan Model Discovery Learning di SMAN 5 Banjarmasin.Jurnal Fisika Fluks. Volume 13, Nomor 2, Agustus 2016. ISSN: 1829-796X (print); 2514-1713(online).

Richards, J.C. (2001). Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge University: Amerika Serikat.

Zulherman. (2018). Physics Module Design of Wave Subject for Secondary School. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Volume 8.ISSN: 2088-315X (print); ISSN: 2502-5457 (online). Universitas Muhammadiyah: Jakarta
Published
2018-06-30