This is an outdated version published on 2017-12-15. Read the most recent version.

Pengembangan e-learning berbasis moodle pada materi termodinamika di sma

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-learning berbasis moodle pada materi Termodinamika di SMA yang valid dan layak serta untuk mengetahui persepsi siswa terhadap e-learning yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Langkah-langkah dalam pengembangan ini menggunakan model 4D, yang meliputi: (1) Define, (2) Design, (3) Development, (4) Disemination. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Islam Alfalah Kota Jambi.Instrumen pengumpulan data menggunakan angket validasi materi dan media serta angket persepsi siswa.Teknik analisis data yang berupa saran dari validator dilakukan secara deskriptif kualitatif (reduksi data, penyajian data dan verifikasi). Sedangkan skor angket validasi dan angket persepsi siswa dilakukan  secara statistik deskriptif (mean, median, modus, standar deviasi maksimum dan minimum). E-learning yang dikembangkan berbentuk web  yang dapat diakses secara online menggunakan PC/laptop. E-learning berisi petunjuk, peta konsep, pengantar, kompetensi, LKS, evaluasi, download, chatting, dan forum diskusi. Keunggulan dari e-learning  ini yaitu berbasis online jadi dapat diakses dimana saja dan kapan saja, materinya di rancang dalam bentuk LKS, pada LKS terdapat gambar, video, animasi dan simulasi yang disajikan menjelaskan keabstrakan materi termodinamika. Pada evaluasi terdapat kuis interaktif disertakan nilai hasil jawaban dan koreksi jawaban otomatis, serta terdapat juga aktifitas chatting dan forum diskusi dimana siswa dapat berdiskusi secara langsung antara siswa ke siswa dan siswa ke guru. Adapun kekurangannya yaitu pada tombol jawab pada LKS tidak bisa menampilkan langsung kolom untuk menjawab, dan pada materi pokok bahasan entropi kurang dikembangkan materinya menjadi satu LKS. Hasil validasi media dan materi berupa media pembelajaran fisika berbasis website telah dinyatakan layak oleh validator. Selanjutnya , skor hasil analisis dari persepsi siswa untuk aspek efektifitas media mencapai skor 100  (Amat Baik), aspek motivasi belajar 101  (Amat Baik), dan aspek aktivitas belajar siswa 97,5 (Amat Baik). Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan e-learning berbasis moodle dapat digunakan sebagai media pembelajaran fisika pada materi Termodinamika.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-15

Versions

How to Cite

Pengembangan e-learning berbasis moodle pada materi termodinamika di sma. (2017). EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(02), 34-41. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/4065