This is an outdated version published on 2017-12-15. Read the most recent version.

Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa pada Materi Kalor dan Perpindahannya Kelas X SMA PGRI 2 Jambi

Keywords:

Aktivitas, Hasil Belajar, Problem Based Learning, LKS, Kalor.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA PGRI 2 Jambi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Lembar Kerja Siswa pada materi kalor dan perpindahannya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau PTK. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa dan tes hasil belajar dengan soal pilihan ganda. Teknik analisis data aktivitas siswa secara dekskriptif kualitatif, data hasil observasi kegiatan guru dan tes hasil belajar dianalisis secara statistik deskriptif (mean, median, modus, standar deviasi maksimum dan minimum). Pada siklus I penelitian ini belum mencapai hasil yang diharapkan yaitu dengan nilai hasil belajar 50,91 dan rata-rata persentase aktivitas siswa 40,66%. Kendala yang dialami yaitu guru kurang tepat dalam menyampaikan relevansi materi dengan kehidupan sehari-hari siswa. Solusinya guru harus tepat dalam menyampaikan relevansi materi dengan kehidupan sehari-hari siswa. Pada siklus II proses pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya namun hasil belajar siswa belum mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 64,17 dan rata-rata persentase aktivitas siswa 63,53%. Kendala yang dialami yaitu guru kurang menimbulkan aktivitas siswa dalam evaluasi antar siswa. Solusinya guru harus menimbulkan aktivitas siswa dalam evaluasi antar siswa seperti memberikan kesempatan bertanya dan memberikan tambahan nilai kepada siswa yang mau berpendapat. Pada siklus III terlihat peningkatan hasil belajar siswa yaitu 75,15 dan rata-rata persentase aktivitas siswa 89,99% atau aktivitas siswa sangat aktif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-15

Versions

How to Cite

Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa pada Materi Kalor dan Perpindahannya Kelas X SMA PGRI 2 Jambi. (2017). EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(02), 60-80. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/3910

Most read articles by the same author(s)