This is an outdated version published on 2016-06-15. Read the most recent version.

PENGEMBANGAN ADJUSTABLE SINGLE SLIT INTERFERENCE KIT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIFRAKSI CAHAYA PADA CELAH TUNGGAL KELAS XII IPA

Abstract

Perpaduan gelombang-gelombang dalam peristiwa difraksi cahaya  pada celah tunggal tidak terlihat secara kasat mata, sehingga diperlukan alat praktikum untuk memperjelas penyampaian konsep. Media pembelajaran difraksi cahaya pada celah tunggal dalam bentuk alat praktikum dikembangkan berdasarkan perbaikan terhadap kelemahan-kelemahan dan adaptasi dari kelebihan-kelebihan beberapa media rujukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Adjustable Single Slit Interference Kit (ASSIK) sebagai media pembelajaran difraksi cahaya pada celah tunggal dalam bentuk alat praktikum serta mengetahui persepsi siswa kelas XII IPA SMAN 1 kota Jambi terhadap media tersebut. Hasil penelitian menujukkan bahwa ASSIK menghasilkan pola difraksi dan hasil pengukuran panjang gelombang sesuai dengan teori dan spesifikasi laser yang digunakan. Ketidakpastian mutlak dan ketidakpastian pengukuran berturut-turut sebesar 30,00 nm dan 4,80%. Evaluasi oleh guru mata pelajaran fisika memberikan skor presentase 90,91% (sangat baik). Dari angket persepsi siswa diperoleh persentase 71,59% (baik) pada aspek atensi; 72,51% (baik) pada aspek afektif dan psikomotor; 82,17% (sangat baik) pada aspek kognitif; dan 81,88% (sangat baik) pada aspek kompensatoris. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media ASSIK yang dikembangkan tepat digunakan sebagai alat praktikum difraksi cahaya pada celah tunggal.

Kata Kunci: media pembelajaran, difraksi cahaya, persepsi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-06-15

Versions

How to Cite

PENGEMBANGAN ADJUSTABLE SINGLE SLIT INTERFERENCE KIT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIFRAKSI CAHAYA PADA CELAH TUNGGAL KELAS XII IPA. (2016). EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1). Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/2958

Most read articles by the same author(s)