LKPD BERBASIS STEM-5E LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SMA

Authors

  • Nur Iqlima Usada Pendidikan Fisika Universitas Mulawarman
  • Abdul Hakim Pendidikan Fisika Universitas Mulawarman
  • Riskan Qadar Pendidikan Fisika Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.59052/edufisika.v7i1.17357

Keywords:

STEM, 5E Learning Cycle, Berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis STEM-5E Learning Cycle untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA kemudian menguji validitas dari LKPD tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (research and development) dengan mengadopsi prosedur 4D Models yang mencakup atas 4 tahapan yakni tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate) yang kemudian dimodifikasi menjadi 3D Models dengan tahapan yaitu antara lain tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi yang diberikan kepada tiga orang dosen ahli dan sembilan orang guru. Hasil penelitian menunjukkan jika LKPD berbasis STEM-5E Learning Cycle untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA termasuk dalam kategori valid dengan nilai validitas di atas 80% dan memiliki klasifikasi yang berada pada rentang baik hingga sangat baik berdasarkan pada penilaian yang telah diberikan oleh validator ahli ditinjau dari aspek didaktik, aspek kualitas isi, dan aspek teknis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, Y., Oktavia, B., Alizar, & Rahadian, Z. (2020). Critical Thinking Ability and Student Learning Outcomes Through the STEM-5E ( Bybee ) Approach in Chemistry Learning About Molecular Shapes. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 20(2), 265–272.

Al-tabani, Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif dan Kontekstual. Surabaya: Prenadamedia Group.

Ceran, S. A., & Ates, S. (2019). The Effects of 5E Model Supported by Life Based Contexts on the Conceptual Understanding Levels Measured Through Different Techniques. Journal of Education in Science Environment and Health, 5(2), 227–243.

Erdogan, I., & Ciftci, A. (2017). Investigating the Views of Pre-Service Science Teachers on STEM Education Practices. International Journal of Environmental and Science Education, 12(5), 1055–1065. https://doi.org/10.13189/ujer

Frankael, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education (S. Kiefer (ed.); Eight). McGraw-Hill.

Hartini, S., Mariani, I., Misbah, & Sulaeman, N. F. (2020). Developing of students worksheets through STEM approach to train critical thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1567(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/4/042029

Idin, S. (2015). An Analysis of Metaphors Used by Students to Describe Energy in an Interdisciplinary General Science Course. International Journal of Science Education, 37(5–6), 876–902.

Irfana, S., Yulianti, D., & Wiyanto. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Unnes Physics Education Journal, 8(1), 83–89.

Kemendikbud. (2019). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. Diakses tanggal 3 Desember 2019 dari https://www.kemdikbud.go.id

Lamb, R., Firestone, J., Schmitter-Edgecombe, M., & Hand, B. (2019). A computational model of student cognitive processes while solving a critical thinking problem in science. Journal of Educational Research, 112(2), 243–254.

Lestari, D. A. B., Astuti, B., & Darsono, T. (2018). Implementasi LKS Dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(2), 202.

OECD. (2019). Publications - PISA. Diakses tanggal 3 Desember 2019 dari https://www.oecd.org/pisa

Omotayo, S. A., & Adeleke, J. O. (2017). The 5E Instructional Model: A Constructivist Approach for Enhancing Students’ Learning Outcomes In Mathematics. Journal of the International Society for Teacher Education, 21(2).

Pawilen, G. T., & Yuzon, M. R. A. (2019). Planning a Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Curriculum for Young Children: A Collaborative Project for Pre-Service Teacher Education Students. International Journal of Curriculum and Instruction, 11(2), 130–146.

Purwanto, M. N. (2012). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran (17th ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Şeker, B. S., & Erdem, A. (2017). Development of A Template Lesson Plan Based on 5e Model Enhanced with Computer Supported Applications and Conceptual Change Texts ∗. Journal of Education and Training Studies, 5(10), 86–98.

Wang, H. H., Charoenmuang, M., Knobloch, N. A., & Tormoehlen, R. L. (2020). Defining interdisciplinary collaboration based on high school teachers’ beliefs and practices of STEM integration using a complex designed system. International Journal of STEM Education, 7(1). https://doi.org/10.1186/s40594-019-0201-4

Widoyoko, E. P. (2016). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published

2022-07-16

How to Cite

Usada, N. I., Hakim, A., & Qadar, R. (2022). LKPD BERBASIS STEM-5E LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SMA. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 18-29. https://doi.org/10.59052/edufisika.v7i1.17357