Hubungan Lingkungan Madrasah dengan Aktivitas Belajar Bahasa Arab Kelas VIII MTs Raudhatul Islamiyah Desa Pembengis

Authors

  • Rizka Tulzannah
  • Rofiazka Fahmi Huda

Keywords:

Bahasa Arab, Aktivitas Belajar, Lingkungan Madrasah

Abstract

Penelitian ini membahas hubungan lingkungan madrasah dengan aktivitas belajar bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Raudhatul Islamiyah Desa Pembengis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Raudhatul Islamiyah Desa Pembengis yang berjumlah 37 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling dan data penelitian diperoleh dengan  menggunakan kuesioner. Dan setelah kuesioner dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji koefisien korelasi dan rumus analisis product moment. Hasil penelitian diperoleh dari nilai r-hitung sebesar 0,469 (0,469 > 0,325) dengan nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,003 (0,003 < 0,05),  maka dapat disimpulkan  lingkungan sekolah mempunyai hubungan sedang terhadap aktivitas belajar bahasa Arab pada taraf signifikansi (5%). Berdasarkan hasil koefisien determinasi, sumbangan pengaruh dari variabel independen yaitu (21,9%). Temuan ini memberikan opsi kepada guru supaya bisa memanfaatkan waktu dengan membantu siswa supaya termotivasi untuk menjaga lingkungan dan bersemangat untuk mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan siswa dapat memperhatikan tugas dan mengerjakan tugas rumah yang diberikan tepat waktu.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Rizka Tulzannah, & Rofiazka Fahmi Huda. (2023). Hubungan Lingkungan Madrasah dengan Aktivitas Belajar Bahasa Arab Kelas VIII MTs Raudhatul Islamiyah Desa Pembengis. Ad-Dhuha, 4(2), 38-45. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/30338