Korelasi Antara Kemampuan Berbahasa Arab Dengan Kelancaran Membaca Al-Qur'an Di Smp Islam Al-Falah Kota Jambi
Keywords:
korelasi, kemampuan berbahasa arab, kelancaran membaca Al-Qur‟an.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Korelasi Antara Kemampuan Berbahasa Arab Dengan Kelancaran Membaca Al-Qur‟an Di SMP Islam Al-Falah Kota Jambi tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan di kelas VII 5, VIII 2, dan IX 4 SMP Islam Alfalah Kota Jambi pada bulan Februari-Maret 2022. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu mengandalkan data dari populasi atau sampel dari populasi secara luas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh murid kelas VII 5, VIII 2 dan IX 4 yang berjumlah 42 orang sedangkan sampel penelitian ini dikarenakan jumlah kurang dari seratus menurut Arikunto (2010: 175) lebih baik diambil semua sehingga sampel pada penelitian ini berjumlah 42 orang. Data penelitian diperoleh dengan cara peneliti memberikan tes kepada siswa dan data pendukung berupa dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang cukup signifikan antara kemampuan berbahasa arab dengan kelancaran membaca Al-Qur‟an SMP Islam Al-Falah Kota Jambi. Hal ini didapatkan dari hasil nilai koefisien korelasi sebesar 0,496 yang masuk interval 0,41-0,70 yang bermakna tingkat signifikansi korelasinya adalah sedang/cukup. Maka secara teori HA dari penelitian ini diterima dan HO dari penelitian ini ditolak.