Korelasi Pemerolehan Bahasa Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Perspektif Neurolinguistik (Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Unja)

Authors

  • Gerbi Zefriando Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi

Keywords:

Korelasi, Neurolinguistik, Keterampilan berbicara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana korelasi Pemerolehan bahasa terhadap keterampilan berbicara bahasa arab sebagai bagian dari hasil belajar Muhadatsah yang telah mereka ampu mulai muhadatsah satu hingga muhadatsah tiga. Adapun jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan pendekatan Kuantitatif dan menerapkan strategi penellitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi PBA tahun akademik 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa yang seluruhnya terhitung mulai dari angkatan (2016) hingga (2019) berjumlah 135 orang. Dan pengambilan sampel menggunakan rumus Simple Random Sampling dengan jumlah mahasiswa 23 orang, Metode pengumpulan data yang digunakan ialah model Pemeriksaan Komunikasi Hemisfer Kanan (PKHK) yang meliputi daftar pertanyaan yang di kelompokkan dalam beberapa tes  dikembangkan atas dasar tinjuan aspek kebahasaan komunikasi hemisfer kanan yang terlingkup akan aspek leksiko-semantik, makrostruktur, dan pragmatik. pengkajian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Analisis korelasi antara Pemerolehan Bahasa terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab menggunakan uji Korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemerolehan bahasa yang dimiliki mahasiswa berkorelasi dengan keterampilan berbicara bahasa arabnya dengan melihat Kompetensi Kebahasaan leksikosemantik, dan makrostruktur terhadap keterampilan berbicara pragmatik yang mereka miliki. Berdasarkan tes yang telah di ujikan dengan menggunakan rumus, maka diperoleh angka 0,8154 yang secara nilai lebih besar dari r tabel Product moment dengan angka 0,432 pada taraf kepercayaan 5% dan 1%. Sehingga dapat ditunjukkan  bahwa terdapat korelasi pada pemerolehan bahasa terhadap keterampilan berbicara bahasa arab perspektif neurolinguistik studi kasus mahasiswa pendidikan bahasa arab Unja.

Downloads

Download data is not yet available.
AD-DHUHA Journal Of Arabic Education anda Islamic Culture

Downloads

Published

2021-06-20

How to Cite

Zefriando, G. (2021). Korelasi Pemerolehan Bahasa Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Perspektif Neurolinguistik (Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Unja). Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Budaya Islam, 2(01), 129-140. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/13382