This is an outdated version published on 2021-05-05. Read the most recent version.

Metode Pembelajaran Muthala’ah Dalam Meningkatkan Kemampuan Maharah Qiraah Santri Pondok Pesantren Modern Al-Kinanah Jambi

Authors

  • Nadila Rizkia Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi
  • Igo Ilham Hilabi Universitas Muhammadiyah Malang
  • Nur Halim Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifudin Jambi
  • M. Zam Kurniawan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifudin Jambi

Keywords:

Muthala’ah, Maharah Qiraah, Muwa’imah/Muwafiqah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui metode pembelajaran apa yang diterapkan oleh guru muthala’ah dalam meningkatkan kemampuan maharah qiraah santri di pondok pesantren modern Al-Kinanah Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru muthala’ah dibagi menjadi tiga metode. Metode pertama yaitu metode hikayatul qhosiroh guru menjelaskan materi dengan bercerita, Metode kedua yaitu metode tajmi guru meminta siswa untuk menyusun kata acak menjadi sebuah kalimat sempurna. Metode ketiga yaitu metode muwa’imah/muwafiqah adalah melatih penglihatan dan melakukan latihan membaca cepat. Hasil dari penggunaan metode ini, para siswa sedikit banyak dapat memahami materi bahasa Arab. 2). Kendala guru dalam penggunaan metode ini yaitu: (a) latar belakang siswa yang berbeda-beda, (b) siswa kesulitan memaknai kosa kata baru, (c) siswa mengantuk dan tertidur, (d) kurangnya minat belajar siswa (e) siswa yang masih terbata-bata dalam membaca kalimat bahasa Arab, (f) guru sulit mendapatkan perhatian siswa,(g) guru sulit menyatukan pemahaman siswa, (h) metode guru yang kurang efektif dan (i) keaktifan guru dalam mengajar juga kurang. 3). Upaya guru dalam mengatasi kendala penggunaan metode ini adalah sebagai berikut: (a) menghidupkan suasana belajar yang asik dan kondusif, (b) memberikan inovasi pada metode pembelajaran, (c) melakukan latihan membaca kalimat bahasa Arab,(d) mencari persamaan kosa kata yang lebih mudah dipahami siswa (e) memberikan sanksi kepada siswa yang mengantuk dan tertidur (f) memberikan pelajaran tambahan diluar pembelajaran kelas dan (g) komunikasi yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.
AD-DHUHA Journal Of Arabic Education and Islamic Culture

Downloads

Published

2021-05-05

Versions

How to Cite

Rizkia, N. ., Igo Ilham Hilabi, Nur Halim, & M. Zam Kurniawan. (2021). Metode Pembelajaran Muthala’ah Dalam Meningkatkan Kemampuan Maharah Qiraah Santri Pondok Pesantren Modern Al-Kinanah Jambi . Ad-Dhuha, 2(1), 104-129. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/12792