Analisis Uslub An-nida’ dalam Surat An-nisa’ dan Surat Maryam (Kajian Ilmu Balaghah)

Authors

  • khoirun nisih Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi

Keywords:

Uslub An-nida‟, Surat An-nisa‟, Surat Maryam

Abstract

Abstrak Dalam skripsi ini mengkaji uslub an-nida‟ dan maknanya. Data yang digunakan adalah ayat-ayat Al-Qur’an pada surat An-nisa’ dan surat Maryam yang didalamnya terdapat uslub an-nida‟ dengan menggunakan pendekatan ilmu Balaghah. Masalah yang dikemukakan dalam rumusan masalah meliputi dua hal yaitu bagaimana bentuk uslub an-nida‟ dan apa makna uslub an-nida‟ dalam surat an-nisa’ dan surat maryam. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif dan pengumpulan data dengan menggunakan library reseach.Hasil penelitian yang ditemukan pada surat an-nisa’ memuat uslub an-nida‟ sebanyak lima belas ayat dan pada surat maryam sebanyak tujuh ayat. Uslub an-nida‟ yang terdapat pada kedua surat tersebut, memuat makna hakiki dan makna majazi. Seperti pada surat an-nisa’ ayat satu, uslub an-nida‟ memuat makna hakiki dimana huruf nida’ digunakan untuk memanggil munada dengan makna sebenarnya yaitu penduduk Makkah. Pada surat maryam ayat 42, memuat makna majazi dimana huruf nida’ digunakan untuk merendahkan derajat munadayaitu ayah nabi Ibrahim yang menyembah sesuatu yang tidak mendengar, tidak melihat, dan tidak dapat memberi pertolongan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-ahdori, A. (2020). Terjemah Jauharul Maknun (ilmu balaghah). Surabaya. Mutiara Ilmu.

Anggito, A & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Suka Bumi. CV Jejak.

Arifah, M. (2013). Kalam Insya‟ ThalabyFii Surah Lukman. Skripsi. Fakultas Adab Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Al-Jarim. (2018). Terjemahan AlBalaghahWadihah.Bandung:SinarBaruAlgesindo.

Al-Khumayyis.(2020).TafsirAl-jalalain.JakartaTimur:UmmulQura.

Al-Zamzami.(2018).EtikaMenuntutIlmudalamQ.s Al-kahfi Ayat 60-82(Reinterpretasi kisah Nabi Musa Asdalam Upaya MenghadapiDekadensi Moral Pelajar). JurnalEl- Tarbawi, IX. Halaman 220.

Creswell J. W. (2017). Reseach Desain (Pendekatan Metode Kualitatif,Kuantitatif, dan Campuran).Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Fahturrahman, A, L. (2019). Teka-tekiSurat Al-kahfi. Bandung. Tidakditerbitkan.

Fathoni. A. (2010). Strategi PembelajaranIlmu Ma’ani. Jurnal progresiva.Vol. 04, No. 01. Halaman 106-107.

Indri. (2012). Eksistensi, Klasifikasi, danOrientasi Ayat-ayat Nida’ Makki’dan Madani. Jurnal Nuansa,Volume 09. No.01.

Khamim & Subakir,A. (2018). IlmuBalaghah (Dilengkapi dengan contoh-contoh ayat, hadits nabi dan sair arab). Kediri. IAIN KediriPress

Sagala, R. (2016). Balaghah. Lampung.Tidak diterbitkan

Misbahuddin. (2014). Dimensi Keilmuandalam Al-Qur’an. Jurnal atTaqaddum.Vol. 6. No.2. Halaman346

Mufid, I. (2017). An-nida‟ Wa ma‟aniyahFii Surah Al-Maidah. Skripsi.Fakultas Adab dan HumanioraUniversitas Islam Negeri SunanAmpel.

Mulyawan, S. (2011). Studi Ilmu Ma’ani(stylistic) Terhadap Ayat-ayat SuratYasin. Jurnal Holistik. Vol. 12, No.02. Halaman 99.

Mustakimah, (2018), Nilai-nilai Pendidikan Dalam Al-Qur‟an SuratAn-Nisa‟ Ayat 1. Fakultas Tarbiyahdan Ilmu Keguruan UniversitasIslam Negeri Salatiga.

Mustofa, A. M. Z. (2016). معاني وزن المÙاعلة ÙÙŠ سورة التوبة: دراسة تحليلية صرÙية (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).‎

Narullitha, Elliya. (2015). KonsepPendidikan Karakter dalam Surat Maryam(Kajian Kritis Surat Maryam Ayat 12-20).Fakultas Ilmu Tarbiyah dan KeguruanUniversitas Islam Negeri Maulana MalikIbrahim Malang.

Nurdianto, T. (2018). Ilmu Balaghah :Ma’ani, Badi’, dan Bayan. Yogyakarta.Tidak diterbitkan.

Rahmawati. (2016). KontekstualSurat Al-kahfi Ayat 66-82 dalamPendidikan Kontemporer. Jurnal Tarbawi.Vol.13 No. 1. Halaman 95.

Sugiono, Eko. (2015). MenyusunProposal Penelitian Kualitatif : Skripsi danTesis. Yogyakarta. Suaka Media

Yahya. (2014). Makna Dalam DeiksisTinjauan Semantik- Pragmatik dan Ma’ani.Jurnal Pusaka. Vol. –. Halaman 31.

Zamroji & Huda Nailul. (2017).Balaghah Praktis Al-Jauharul Maknun.Kediri. Lirboyo Press.

AD-DHUHA Journal Of Arabic Education anda Islamic Culture

Downloads

Published

2021-05-05

How to Cite

khoirun nisih. (2021). Analisis Uslub An-nida’ dalam Surat An-nisa’ dan Surat Maryam (Kajian Ilmu Balaghah) . Ad-Dhuha, 2(1), 91-103. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/12790