Penggunaan Audio Visual Sebagai Media Pembelajaran Daring Bahasa Arab Di MTS Hj. Zubaidah Pulau Kijang
Keywords:
Pembelajaran daring, Bahasa Arab, Media Audio VisuaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan audio visual dalam pembelajaran daring bahasa Arab di MTs Hj. Zubaidah Pulau Kijang. Penggunaan audio visual dalam pembelajaran daring bertujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran bahasa arab. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah MTs Hj. Zubaidah, guru bahasa Arab dan siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Proses pelaksanaan media ini dibagi menjadi tiga tahapan. Pada tahapan pertama dimulai dengan pembuatan materi, Tahapan kedua mengidentifikasi tata bahasa atau qowÄ’idnya. Tahapan ketiga adalah memberi tugas. Hasil dari penggunaan media ini, para siswa sedikit banyak dapat memahami materi bahasa Arab 2). Kendala guru ketika ketika menggunakan media ini yaitu: (a) Pelafalan kata atau kalimat, (b) Kuota terbatas, (c) Tugas yang menumpuk (d) Jaringan tidak stabil, (e) Latar belakang siswa yang berbeda-beda, (f) Minat belajarsiswa yang kurang (g) Jaringan yang tidak stabil (h) Keaktifan guru dalam mengajar juga kurang. Kendala-kendala tersebut diatasi oleh guru dan pihak sekolah dengan beberapa solusi yaitu: (a) Mengadakan belajar di rumah guru, (b) Memotivasi santri untuk aktif belajar. (c) Komunikasi yang baik.