Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Bahasa Arab di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi
Keywords:
Motivasi, pembelajaran daring, bahasa arabAbstract
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi siswa dalam pembelajaran daring mata pelajaran bahasa arab. Sumber datanya siswa kelas X IPA II, guru bahasa arab dan kepala sekolah di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi.Teknik pengumpulan data ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data deskriptif kualitatif. Untuk menguji keabsahan data yang digunakan ialah dengan triangulasi data.Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa motivasi siswa kelas X IPA II SMA Islam Al-Falah Kota Jambi dalam pembelajaran daring mata pelajaran bahasa arab ialah menurun, dikatakan menurun dikarnakan faktor dari motivasi intrinsik dan ektrinsik siswa yang menunjukkan bahwa: dari faktor instrinsiknya: 1) Siswa kurang aktif dan tidak bergairah dalam belajar bahasa arab. 2) siswa tidak nyaman belajar secara daring. 3) siswa merasa sulit memahami bahasa arab. dari faktor ekstrinsik: 1) lingkungan belajar. 2) jaringan internet. 3) waktu yang terbatas. Adapun kendala guru dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran daring mata pelajaran bahasa arab ialah dikarnakan sebagai berikut: 1) siswa yang memiliki motivasi belajar yang berbeda-beda. 2) terkendala sinyal/ jaringan internet. 3) siswa yang merasa bahwa belajar bahasa arab sulit. Upaya guru bahasa arab untuk meningkatkan motivasi siswa ialah dengan menjadi guru yang asik, memerintahkan siswa berlatih bahasa arab, menggunakan aplikasi-alikasi yang menarik dalam belajar bahasa arab, menambah mufradat dan belajar menterjemahkan, latihan, dan memberikan nilai angka dan pujian