Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Pendekatan Kecerdasan Emosional Melalui Daring Di Kelas VI Mis Nurul Huda Sembubuk
Keywords:
pembelajaran bahasa arab, kecerdasan emosional, daringAbstract
Pembelajaran Bahasa Arab yang efektif menjadi ukuran penting dalam keberhasilan siswa menguasai dan memahami Bahasa Arab. Para Guru dan tenaga pendidik akan selalu berusaha meningkatkan keefektifan proses pembelajaran kepada setiap peserta didik agar dapan dengan mudah memahami dan menguasai Bahasa Arab secara maksimal. Oleh sebab itu dibutuhkannya metode dan pendekartan yang baik dan menarik untuk mencapai keberhasilan tersebut. Dalam penelitian ini penulis membahas bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan pendekatan kecerdasan emosional kepada peserta didik melalui Daring yang diberlakukan dimasa pandemi Covid 19. Peneliti menjadikan MIS Nurul Huda Sembubuk sebagai tempat untuk melakukan penelitian tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. pendekatan kecerdasan emosional melalui daring serta faktor-faktor pendukung dan penghambat tenaga pendidik dalam menjalankan pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 dapat ditarik kesimpulan bahwa, pandemi COVID-19 menberikan dampak yang tidak bagus dalam pendidikan dewasa ini. Pandemi ini mengakibatkan proses pembelajaran bahasa Arab menjadi sangat terganggu, apalagi karena bahasa Arab merupakan bahasa asing yang tidak dipakai sehari-hari. Hal itu mengharuskan guru untuk melakukan usaha yang ekstra agar pembelajaran menggunakan pendekatan secara emosional dapat terlaksana dengan baik.