IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH SALAMAH KOTA JAMBI

Authors

  • Ika Aryastuti Hasanah STAI Ahsanta Jambi, Indonesia

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini menjelaskan pelaksanaan model pembelajaran Group Investigation (GI) sebagai salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat membantu, menemukan dan membangun sendiri pemahaman yang diberikan oleh guru serta menumbuhkan rasa keingintahuan yang lebih untuk melakukan yang kemudian menemukan sesuatu pengalaman yang baru berdasarkan percobaan atau eksperimen sederhana. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keberhasilan peningkatan hasil belajar siswa kelas V di MI Salamah dengan batasan masalah pada tema 6 organ tubuh manusia dan hewan. Terbukti bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi langkah kegiatan daru perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi menunjukkan peningkatan sebagai berikut : peningkatan hasil belajar yang diperoleh dari setiap siklusnya, yang dimulai dari siklus I, II, dan III. Pada saat pra siklus atau sebelum dilakukannya tindakan nilai rata-rata siswa 50,74 dengan jumlah siswa yang berhasil 10 orang (37,04%) dan setelah dilakukannya tindakan siklus I nilai rata-rata siswa 49,25 dengan jumlah siswa yang berhasil 9 orang (33,33%), meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata siswa 61,48 jumlah siswa yang berhasil 16 orang (59,25%), kemudian meningkat lagi pada siklus III dengan nilai rata-rata 69,62 dan jumlah siswa yang berhasil 22 orang (81,48%). Perolehan data hasil pembelajaran tersebut dilakukan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. “Prosedur Penelitian Tindakan Kelas.†Bumi Aksara.

Fajriyati, Rizka, Supandi Supandi, and Noviana Dini Rahmawati. 2019. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dan Numbered Head Together(NHT) Terhadap Prestasi Belajar Matematika.†Imajiner: Jurnal Matematika Dan PendidikanMatematika. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i4.3882.

Mustofa, A. M. Z. (2020). Taá¹­wÄ«ru MÄdah al-Lughah al-‘Arabiyyah ‘ala AsÄsi al-Ta ‘allum al-Ta ‘Äwuni. Alsina: Journal of Arabic Studies, 2(1), 1-18.

Trianto. 2010. “Model Pembelajaran Terpadu.†Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, DanImplementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Wiratana, I Ketut, I Wayan Sadia, and Ketut Suma. 2013. “Pengaruh Model PembelajaranKooperatif Tipe Investigasi Kelompok (Group Investigation) Terhadap KeterampilanProses Dan Hasil Belajar Sains Siswa Smp.†E-Journal Program Pascasarjana UniversitasPendidikan Ganesha Program Studi IPA.

Downloads

Published

2021-02-04

How to Cite

Hasanah, I. A. (2021). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH SALAMAH KOTA JAMBI. Ad-Dhuha, 1(2), 200-212. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/12012