EFEKTIVITAS CD INTERAKTIF SEL VOLTA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.1234/sainmatika.v6i1.1563Abstract
Sel Volta merupakan materi sub pokok bahasan Elektrokimia dalam mata kuliah Kimia Fisika II yang tergabung dalam kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Keahlian (MKK). Keberadaan materi Sel Volta ini sangat penting, namun banyak mahasiswa yang kurang antusias dan kurang berminat mempelajarinya, yang ditandai dengan rendahnya hasil belajar yang mereka peroleh. Sejauh ini pembelajarannya di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi dilakukan dengan kuliah mimbar dan diskusi informasi, padahal materi kuliah ini menuntut keterlibatan mahasiswa lebih aktif. Dipandang perlu untuk menggunakan media pembelajarandalam bentuk CD interaktif yang dapa tmembantu mahasiswa untuk dapat secara mandiri mempelajari dan memahami materi Sel Volta, sehingga memberikan keleluasaan dan keluwesan bagi mahasiswa. Melalui CD interaktif Sel Volta maka kesenjangan antara kondisi ideal dengan kondisi real yang ada diharapkan dapat diatasi. Kondisi real, sumber belajar biasanya hanya berupa buku bacaan/teks dan pembelajaran bersifat konvensional. Pada kondisi ideal, pembelajaran berpusat pada mahasiswa dengan media pembelajaran yang tidak hanya bersumber dari buku bacaan/teks, tapi juga terdapat media tiga dimensi (video) sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik. Dengan cara ini diharapkan proses pembelajaran menjadi efektif dan efisien serta tingkat penguasaan konsep dan keterampilan proses sains mahasiswa terhadap materi Sel Volta akan lebih baik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1)sikap dan motivasi mahasiswa dalam  pembelajaran Sel Volta dengan menggunakan CD interaktif Sel Volta; 2) hasil belajarmahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi setelah pembelajaran dengan menggunakan CD interaktif Sel Volta; dan 3) efektivitas CD interaktif Sel Volta dalam meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains mahasiswa tentang Sel Volta.
Pada penelitian ini dilakukan uji coba CD interaktif sel volta pada kelompok kecil dan lapangan. Metode yang digunakan pada uji coba lapangan adalah eksperimen semu, sebelum perlakuan sampel diberi pre-tes, setelah perlakuan sampel diberi post-tes. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan tes, diperoleh berupa data kualitas CD interaktif sel volta, motivasi, dan hasil belajar. Analisis data dilakukan melalui data kualitas CD interaktif sel volta, motivasi, dan hasil belajar, serta uji hipotesis menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dapat mempelajari materi Sel Volta dengan lebih mudah, lebih cepat, lebih aktif, tidak membosankan, lebih mandiri, dan termotivasi dalam belajar dengan menggunakan CD interaktif sel volta. Hasil uji t rerata skor pre-tes dan post-tes menunjukkan bahwa rerata skor pre-tes dan post-tes berbeda secara signifikan dengan nilai probabilitas 0,000 kecil dari 0,05.
Dapat disimpulkan bahwa CD interaktif Sel Voltaefektif digunakan dalam proses pembelajaran Sel Volta.
Â
Kata kunci: CD interaktif Sel Volta, efektivitas, hasil belajar
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2013-06-19 (1)
- 2013-06-19 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 SAINMATIKA UNJA | Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.