PENGEMBANGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA

Muhammad Ali

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan Hasil Belajar Renang Gaya Dada Pada Siswa Kelas XI SMAN 11 Jambi . Dan membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan dengan pengambilan data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian melibatkan 2 kolabolator dan dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. Kondisi awal siswa yang diteliti belum bisa berenang dengan baik dan kurang aktif dalam pembelajaran.  Hasil dari siklus pertama sebagai berikut: 1) Guru memberikan pembelajaran yang dapat memotivasi siswa sesuai dengan rencana penelitian dan hasilnya adalah 17 siswa aktif dan senang dengan kegiatan pembelajaran, 10 Siswa kurang aktif, dan 3 siswa pasif. 2) Nilai rata-rata siswa pada siklus 1 dalam pembelajaran renang gaya dada adalah 17,16.  Hasil dari siklus Kedua yang merupakan refleksi dari siklus pertama sebagai berikut: 1) Guru memberikan pembelajaran yang dapat memotivasi siswa sesuai dengan rencana penelitian dan hasilnya adalah 26 siswa aktif dan senang dengan kegiatan pembelajaran, 3 Siswa kurang aktif, dan 1 siswa pasif. 2) Nilai rata-rata siswa pada siklus 2 dalam pembelajaran renang gaya dada adalah 19, 06.  Hasil akhirnya ada peningkatan siswa yang aktif dalam pembelajaran dan penurunan siswa yang kurang aktif serta pasif. Peningkatan juga terdapat pada nilai rata-rata kelas di siklus ke dua. Maka Pendekatan Kontekstual yang di terapkan dalam pembelajaran renang gaya dada  dapat meningkatkan hasil belajar renang gaya dada.

 

Kata kunci : pendekatan kontekstual, hasil belajar, renang gaya dada.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.