Pelaksanaan Nilai Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar

Authors

  • Ali Idrus Universitas Jambi
  • Yozi Novia Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6757

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan nilai peduli lingkungan melalui program pengembangan diri di SD Negeri 55/I Sridadi Kecamatan Muara Bulian. Jenis penelitian adalah pendekatan kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, sementara teknik analisa data meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Dari hasil penelitian, pelaksanaan nilai peduli lingkungan melalui program pengembangan diri berupa kegiatan rutin adalah piket kelas dan piket bersama. Berupa kegiatan spontan adalah menanam pohon bersama dan memilah-memilah tabungan sampah untuk dijadikan barang kerajinan. Berupa keteladanan adalah kepala sekolah dan guru dengan tidak membuang sampah sembarangan dilingkungan sekolah. Kepala sekolah dan guru menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dengan memungut sampah yang ditemukan. Berupa pengkondisian adalah sekolah menyediakan sarana berupa tempat sampah organik dan anorganik dilokasi lingkungan sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini pelaksanaan nilai peduli lingkungan melalui program pengembangan diri di SD Negeri 55/I Sridadi adalah kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-26 — Updated on 2018-12-26

Versions

How to Cite

Idrus, A., & Novia, Y. (2018). Pelaksanaan Nilai Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 203-219. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6757